SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ABSTRAKPenerapan Pembelajaran Kooperatif Metode Make AMatch untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Umum di SMA Kertanegara Malang

Nur Indahwati

Abstrak


ABSTRAK
Indahwati, Nur. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Metode Make AMatch
untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas
XI IPS pada Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Umum
di SMA Kertanegara Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan
Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.
Pembimbing: (1) Yuli Widi Astuti, S.E,M.Si,Ak (2) Ika Putri Larasati,
S.E, M.Com
Kata Kunci: Make AMatch,
aktivitas belajar, hasil belajar
Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran
akuntansi di SMA Kertanegara Malang, diperoleh informasi bahwa proses
pembelajaran akuntansi dikelas masih menggunakan metode ceramah, tanya
jawab, diskusi soal dan tugas. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif dan hanya
sedikit siswa yang bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.
Hal ini akan berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa masih
banyak siswa yang mengikuti remidi karena skor yang diperolaeh kurang
memenuhi standar ketuntasan minimum yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 70.
Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Strategi yang diterapkan dalam
penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif metode Match AMatch.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran
kooperatif metode make a match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran Akuntansi pokok bahasan jurnal umum.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan
kualitatif, yang dilaksanakan di SMA Kertanegara Malang. penelitian ini
dilakukan pada tanggal 14 Oktober hingga 28 Oktober 2009. Analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu: 1) Reduksi
data, 2) Paparan data, dan 3) Penyimpulan hasil analisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Make AMatch
dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, meskipun belum mencapai 100%.
Pada siklus 1 aktivitas belajar siswa dilihat dari proses pembelajaran mencapai
76,67% meningkat pada siklus 2 mencapai 88,33%. Sedangkan aktivitas siswa
ditinjau dari aspek afektif siswa pada siklus 1 mencapai 60,9% meningkat pada
siklus 2 mencapai 91,3%. Sedangkan pada hasil belajar juga mengalami
peningkatan, sebelum tindakan diberikan skor ratarata
hasil belajar sebesar
65,7% dengan ketuntasan belajar 52,2%. Pada siklus 1 hasil belajar ditinjau dari
aspek kognitif sebesar 65,2% meningkat pada siklus 2 mencapai 87%. Sedangkan
hasil belajar dilihat dari aspek psikomotorik pada siklus 1 sebesar 65,2%
meningkat pada siklus 2 mencapai 87%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa penerapan metode Make A Match (mencari pasangan) dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Kertanegara
Malang.
i
Click to buy NOW!
PDFXCHANGE
www.docutrack.
com
Click to buy NOW!
PDFXCHANGE
www.docutrack.
com