SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Prestasi Belajar pada Mata Diklat Persamaan Dasar Akuntansi dengan Menggunakan Media Pembelajaran dan tanpa Menggunakan Media Pembelajaran Program Macromedia Flash Professional 8 di Kelas X Siswa Jurusan Akuntansi SMK

Umi Aisyah

Abstrak


ABSTRAK
 
Aisyah, Umi.  2010.  Perbedaan  Prestasi  Belajar  pada Mata  Diklat  Persamaan
Dasar  Akuntansi  dengan  Menggunakan  Media  Pembelajaran  dan
tanpa  Menggunakan  Media  Pembelajaran  Program  Macromedia
Flash  Professional  8  di  Kelas  X  Siswa  Jurusan  Akuntansi  SMK
Muhammaddiyah  5  Kepanjen.  Skripsi.  Jurusan  Akuntansi  Program
Studi  Pendidikan  Akuntansi  FE  Universitas  Negeri  Malang.
Pembimbing  (1) Dr.H. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak.(2) Sriyani Mentari,
S.Pd., M.M.
 
Kata  kunci:  Media  Pembelajaran  Macromedia  Flash  Professional  8,  Prestasi
Belajar.
 
Penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash Professional 8  dapat
menyajikan materi pelajaran yang lebih menarik, tidak monoton, dan
memudahkan penyampaian. Macromedia Flash Professional 8  merupakan
program aplikasi yang digunakan untuk membuat tutorial interaktif, seperti
pembuatan bahan ajar untuk e-learning, pembuatan demo produk, presentasi
interaktif dan program ini mampu menghasilkan output flash. Dengan adanya
media pembelajaran, peserta didik dapat menyerap informasi secara maksimal
terkait dengan materi yang disampaikan oleh guru sehingga dapat menciptakan
kondisi keaktifan siswa yang berdampak terhadap prestasi belajar siswa. Tujuan
penilitian ini untuk: (1) Mendeskripsikan  prestasi belajar siswa di kelas X jurusan
akuntansi SMK Muhammaddiyah 5 Kepanjen yang diberi perlakuan pengajaran
dengan menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash Professional 8; (2)
Mendeskripsikan prestasi belajar siswa di kelas X jurusan akuntansi SMK
Muhammaddiyah 5 Kepanjen yang diberi perlakuan pengajaran tanpa
menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash Professional 8; dan (3)
Menjelaskan apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa siswa di kelas X jurusan
akuntansi SMK Muhammaddiyah 5 Kepanjen yang diberi perlakuan pengajaran
dengan dan tanpa menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash
Professional 8.
Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasi experimental)
dengan bentuk desain nonequivalen control group design. Populasi penelitian ini
adalah siswa kelas X jurusan akuntansi di SMK Muhammaddiyah 5 Kepanjen.
Sampel penelitian sebanyak 66 siswa dari dua kelas. Penentuan kelas dilakukan
dengan metode random sampling (acak). Teknik pengumpulan data yang
digunakan penelitian ini adalah tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran dengan
menggunakan media pembelajaran macromedia flash professional 8 dapat
memberikan kontribusi yang positif terhadap prestasi belajar siswa, hal ini dapat
diketahui dari rata-rata prestasi belajar kelompok eksperimen mencapai 80,53
dengan rentangan 77,5-84,5 termasuk dalam kriteria baik; (2) Prestasi belajar
siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran macromedia flash
professional 8 belum dapat menunjukkan hasil yang maksimal, hal ini dapat
diketahui dari rata-rata prestasi belajar kelompok kontrol mencapai 70,53 dengan
rentangan 69,5-76,5 termasuk dalam kriteria cukup; dan (3) Ada perbedaan 
 
prestasi belajar antara siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, hal ini
dapat dilihat dari nilai t hitung > t tabel  yaitu 4,542 > 1,997 dan nilai probabilitas
yang diperoleh sebesar 0,00 sehingga nilai signifikasi kurang dari 0,05.
Saran yang diajukan adalah: (1) Bagi pembaca yang akan mengadakan
penelitian sejenis diharapkan untuk melakukan penyempurnaan atas kekurangan-
kekurangan dalam metode penelitian ini lagi dengan pembahasan lain untuk
memperkuat kevalidan dan kereliabelan dalam penelitian ini; (2) Bagi pihak
sekolah, khususnya guru pengajar untuk menerapkan media pembelajaran dengan
pengembangan program Macromedia Flash Professional 8 pada materi
persamaan dasar akuntansi dan (3) Penggunaan media pembelajaran program
macromedia flash professional 8 harus tetap sesuai dengan tujuan pembelajaran
yang dicapai dan tidak mereduksi isi (substansi) materi pembelajaran.