SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Asimetri Informasi dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba (Studi pada Perusahaan Perbankan yang Listing di BEI Tahun 2011-2013)

yudi arianto

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Manajemen Laba merupakan isu yang menarik. Asimetri informasi dan ukuran perusahaan diyakini dapat mempengaruhimanajemen laba. Beberapa penelitian mengenai pengaruh asimetri informasi danukuran perusahaan pada manajemen laba telah dilakukan. Namun, hasil yangdiperoleh masih menunjukkan ketidakkonsistenan terutama ukuran perusahaan.Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh asimetri informasi dan ukuranperusahaan pada manajemen laba.

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan persero dan perusahaan perbankan umum swasta nasional yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2011-2013. Penelitian ini menggunakan The Modified Jones Model untuk menghitungdiscretionary accrual yang menjadi proksi dari manajemen laba. Ukuranperusahaan diproksikan dengan total aktiva dan asimetri informasi diproksikan denganbid-ask spreed. Pengujian hipotesis dilakukan denganmenggunakan analisis regresi berganda.Hasil pengujian asumsi klasik menunjukkan model regresi mengalami masalah asumsi klasik pada uji normalitas sehingga nilai ekstrim harus dikeluarkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwatidak terdapat perngaruh asimetri informasi  pada manajemenlaba dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap manajemen laba.  Oleh karena itu, berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa  asimetri informasi dan ukuran perusahaan bukan proksi yang tepat untuk manajemen laba. Untuk penelitian selanjutnya sebaiknya mengunakan variabel yang asimetri informasi dan ukuran perusahaan atau proksi lain karena di masa sekarang sudah tidak relevan lagi digunakan.