SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Terhadap Effective Tax Rate (Studi Empiris Pada BUMN Yang Telah Listing Di BEI Periode 2011-2015)

ardya rizky ayu regita

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari mekanisme corporate governance terhadap effective tax rate pada perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI tahun2011-2015. Mekanisme corporate governance yang digunakan adalah propors kiomisaris independen, komite audit, dan kepemilikan institusional. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif.

Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI tahun 2011 sampai 2015.Sedangkan sampel pada penelitian ini ditentukan dengan metode purposive samplin g sehingga diperoleh 13 perusahaan sampel yang memenuhi kriteria. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari website perushaan dan perpustakaan Universitas Negeri Malang.

Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda dengan tingkat signifikansi 5% maka hasil penelitian ini menyimpulkan: (1) Komisaris independen memiliki signifikan 0,548 dan nilai beta -0,085 yang berarti Komisaris independen tidak berpengaruh signifikan terhadap ETR. (2) komite audit memiliki signifikan 0,255 dan nilai beta 0,011yang berarti bahwa komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap ETR. (3) Investor institusional memiliki signifikan 0,732 dan nilai beta 0,024 yang berarti Investor institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap ETR.