SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pembelajaran Kooperatif dengan Model Pembelajaran Think Pair Square Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi

Fetania Eka Susanti

Abstrak


ABSTRAK

Susanti, Fetania Eka. 2010. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif dengan Model Pembelajaran Think Pair Square Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Bambang Sugeng. S.E, M.A, M.M, Ak (II) Dr. Nurika Restuningdiah. S.E, M.Si, Ak.

Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Square (TPS), Hasil Belajar

    Metode pembelajaran memiliki peranan yang penting dalam proses pembelajaran. Penggunaan salah satu metode pembelajaran mempunyai relevansi terhadap kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki oleh siswa. Metode pembelajaran yang selama ini digunakan adalah metode pembelajaran konvensional, dimana metode ini masih kurang mampu untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode konvensional cenderung tidak melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa tidak termotivasi untuk mengikuti aktivitas pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang berorientasi pada siswa adalah metode pembelajaran kooperatif model think pair square yang mana metode ini mampu untuk mengaktifkan siswa selama proses pembelajaran.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran kooperatif model think pair square dengan siswa yang diajar dengan metobe konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Sooko Mojokerto tahun ajaran 2009/2010. Sedangkan sampel yang diambil adalah siswa kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah analisis uji beda (t-test).
    Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar secara signifikan antara siswa yang diajar dengan metode pembelajaran kooperatif model think pair square dengan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional. Penerapan model pembelajaran kooperatif model think pair square lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
    Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan agar metode pembelajaran kooperatif model think pair square dijadikan salah satu alternatif pilihan bagi guru bidang studi akuntansi atau guru bidang studi lainnya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan juga diharapkan adanya penelitian lebih lanjut, dengan menggunakanpopulasi yang lebih luas atau menambah variabel dalam penelitian.


Teks Penuh: DOC PDF