SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Pola PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) dengan Model TPS (Think Pair Share) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Kelas X Ak 2 SMK PGRI 3 Nganjuk pada Mata Pelajaran Siklus Akuntansi

Yulita Windawati

Abstrak


ABSTRAK

Windawati, Yulita. 2010. Penerapan Pembelajaran Pola PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) dengan Model TPS (Think Pair Share) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Kelas X Ak 2 SMK PGRI 3 Nganjuk pada Mata Pelajaran Siklus Akuntansi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Nurika Restuningdiah. S.E, M.Si, Ak (II) Hj. Yuli Widi Astuti, S. E, M. Si. Ak

Kata kunci: Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan, Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar, Keaktifan Siswa

    Metode pembelajaran memiliki peranan yang penting dalam proses pembelajaran. Penggunaan salah satu metode pembelajaran mempunyai relevansi terhadap kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki oleh siswa. Metode pembelajaran yang selama ini digunakan adalah metode pembelajaran konvensional, dimana metode ini masih kurang mampu untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa. Metode konvensional cenderung tidak melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa tidak termotivasi untuk mengikuti aktivitas pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang berorientasi pada siswa adalah pembelajaran pola PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) dengan model TPS (Think Pair Share) yang mana metode ini mampu untuk mengaktifkan siswa selama proses pembelajaran.
    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dengan menerapkan pembelajaran pola PBMP dengan model TPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Ak 2 SMK PGRI 3 Nganjuk. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah reduksi data, penyajian data, konklusi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa pada setiap siklusnya. Penerapan pembelajaran pola PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) dengan model TPS (Think Pair Share) efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa.
    Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan agar pembelajaran pola PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) dengan Model TPS (Think Pair Share) dijadikan salah satu alternatif pilihan bagi guru bidang studi akuntansi atau guru bidang studi lainnya untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa, juga diharapkan adanya penelitian lebih lanjut, untuk menerapkan pada materi yang lain dan mata pelajaran lain


Teks Penuh: DOC PDF