SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Kinerja Pengelolaan Dana Pendidikan Sebelum dan Sesudah Penerapan Manajemen Mutu ISO 9001: 2000 pada Penyelenggaraan Pendidikan (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Turen).

Shinta Aulia Rahmawati

Abstrak


ABSTRAK
 
Rahmawati, Shinta Aulia. 2010.  Perbedaan Kinerja Pengelolaan Dana Pendidikan Sebelum dan Sesudah Penerapan Manajemen Mutu ISO 9001: 2000 pada Penyelenggaraan Pendidikan (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Turen).  Skripsi, Jurusan Akuntansi FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sri Pujiningsih, SE. M.Si, Ak. (II) Dra. Hj. Sutatmi, SE. M.Si, Ak.
 
Kata kunci:  kinerja, pengelolaan dana pendidikan, ISO 9001:2000

    Pemberlakuan UU No. 22 Tahun 1999 adalah masalah sumber daya manusia (SDM), di mana tugas dan  tanggung jawab untuk mewujudkan sekolah yang diharapkan (mandiri dan bermutu) tak lepas dari peran sumber daya manusia yang mengelolanya (termasuk pengelolan dalam bidang keuangan). Oleh karena itu, sudah seharusnya setiap institusi pendidikan harus memiliki sumber daya manusia yang mampu memahami, mendalami dan menerapkan konsep-konsep ilmu manajemen yang berkembang dewasa  ini. Di lain pihak, SMK Negeri 1 Turen telah menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan mulai menerapkan ISO 9001:2000 sejak tahun 2008 untuk mendukung pelaksanaan MBS tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan kinerja pengelolaan dana pendidikan sebelum dan sesudah adanya penerapan  manajemen mutu ISO 9001:2000.
    Penelitian ini berdasarkan langkah-langkah penelitian yaitu: observasi,wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian terdiri dari dua orang Bendahara Sekolah, dan satu orang Waka Sarana di SMK Negeri 1 Turen. Instrumen penelitian yang digunakan berupa daftar pertanyaan (wawancara tersruktur) yang dijawab oleh subyek penelitian. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif. Data kualitatif tersebut  berupa jawaban-jawaban dari pertanyaan yang disampaikan kepada subyek penelitian yang didukung dengan dokumen-dokumen yang diperoleh.
    Berdasarkan penelitian yang dilakukan dihasilkan bahwa dalam pelaksanaan pengelolaan dana pendidikan sebelum diterapkannya manajemen mutu ISO 9001:2000 memiliki prosedur pemanfaatan dana yang kurang terstruktur dengan baik sedangkan setelah penerapan Manajemen Mutu ISO 9001:2000 prosedur pemanfaatan dana telah terstruktur dan terdokumentasi dengan baik. 
    Berdasarkan hasil penelaahan, dapat disimpulkan bahwa pengelolaan dana pendidikan setelah adanya penerapan manajemen mutu ISO 9001:2000 dinilai lebih efektif dibanding dengan sebelum penerapan manajemen mutu ISO 9001:2000. Saran untuk sekolah yaitu agar dapat melakukan sistem manajemen mutu yang lebih baik lagi dengan melakukan pembaharuan manajemen mutu ISO 9001:2000 menjadi manajemen mutu ISO 9001:2008 (yang merupakan manajemen mutu ISO terbaru). Bagi Dinas Pendidikan untuk dapat melaksanakan pengawasan yang lebih rutin lagi ke  tiap-tiap sekolah dalam hal pengawasan terhadap pengelolaan dana pendidikan. Selain itu,  disarankan pula kepada peneliti selanjutnya untuk dapat mengembangkan penelitian tentang pengelolaan dana pendidikan seperti yang sudah dikaji dalam penelitian ini untuk diterapkan di sekolah lain.

 

Teks Penuh: DOC PDF