SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Rasio Net Profit Margin (NPM) dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI Periode 2006-2008

Dika Kuswantari

Abstrak


ABSTRAK
 
Kuswantari, Dika. 2010. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Rasio Net Profit Margin (NPM) dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI Periode 2006-2008. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak. (II) Sri Pujiningsih, S.E., M.Si., Ak.
 
Kata kunci: kepemilikan manajerial, rasio net profit margin (NPM), kebijakan dividen, nilai perusahaan
 
    Tujuan perusahaan pada dasarnya yaitu memaksimumkan nilai perusahaan dalam bentuk maksimalisasi harga saham untuk mencapai profitabilitas jangka panjang. Nilai perusahaan itu sendiri merupakan harga yang bersedia dibayar oleh calon pembeli apabila perusahaan tersebut dijual. Nilai perusahaan ini merupakan salah satu pertimbangan investor untuk menanamkan modalnya. Peningkatan nilai perusahaan diantaranya dapat dilakukan dengan meningkatkan kepemilikan manajerial, rasio net profit margin (NPM) serta kebijakan perusahaan dalam memutuskan apakah laba perusahaan akan dibagi kepada pemegang saham ataukah ditahan sebagai laba ditahan atau yang disebut dengan kebijakan dividen.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemilikan manajerial, rasio net profit margin (NPM), kebijakan dividen sebagai variabel bebas terhadap nilai perusahaan sebagai variabel terikat pada perusahaan Manufaktur yang listing di BEI periode 2006-2008. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Manufaktur yang listing di BEI periode 2006-2008 sebanyak 152 perusahaan. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 12 perusahaan yang diambil secara purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD) dan internet (www.idx.co.id). Sedangkan analisis yang digunakan adalah uji hipotesis dengan analisis regresi linear berganda.
    Dari hasil pengujian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa secara parsial variabel kepemilikan manajerial dan rasio net profit margin (NPM) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Variabel kebijakan dividen yang diproxi dengan dividend payout ratio (DPR) tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan variabel kepemilikan manajerial, rasio net profit margin (NPM) dan kebijakan dividen mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan Manufaktur yang listing di BEI periode 2006-2008.
    Saran yang diberikan berkaitan dengan hasil penelitian yaitu (1) bagi perusahaan, sebaiknya memperhatikan variabel kepemilikan manajerial, rasio net profit margin (NPM) dan kebijakan dividen untuk meningkatkan nilai perusahaan, (2) bagi investor, diharapkan lebih jeli dalam menilai kondisi  perusahaan dengan melihat faktor-faktor yang berpengaruh dalam peningkatan nilai perusahaan (3) bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian sejenis agar menambah jumlah variabel dan sampel penelitian serta menggunakan periode waktu yang lebih panjang agar hasil yang diperoleh lebih maksimal.

 

Teks Penuh: DOC PDF