SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Demonstrasi dengan Pendekatan Lesson Study untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran (Studi kasus pada Siswa Program Keahlian Akuntansi Di SMK N 1 Lamongan)

Umi Choiriyah

Abstrak


ABSTRAK
Choiriyah, Umi. 2009. Penerapan Metode Demonstrasi dengan Pendekatan
Lesson Study untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran (Studi kasus
pada Siswa Program Keahlian Akuntansi Di SMK N 1 Lamongan).
Skripsi, Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas
Negeri Malang. Pembimbing: (I) Yuli Widi Astuti, S.E, M.Si., Ak., (II) Sri
Pujiningsih, S.E, M.Si., Ak.
Kata kunci: Metode Demonstrasi, Kegiatan Lesson Study, Kualitas Pembelajaran.
Salah satu masalah dalam pendidikan adalah lemahnya kualitas
pembelajaran. Berdasarkan wawancara dengan kepala sekolah serta beberapa guru
akuntansi di SMK N 1 Lamongan, mayoritas para guru mengabaikan persiapan
sebelum pembelajaran sehingga pelaksanaan pembelajaran di kelas kurang
maksimal. Pelaksanaan pembelajaran yang kurang maksimal ditunjukkan oleh
keaktifan siswa yang rendah sehingga siswa kurang paham terhadap materi yang
disampaikan guru. Karakteristik pelajaran akuntansi yang prosedural yaitu satu
tahap berhubungan dan menjadi syarat dalam mengerjakan tahap berikutnya
menuntut siswa memahami secara keseluruhan tahapan tersebut. Salah satu cara
untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menerapkan metode demonstrasi
dengan pendekatan lesson study. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan
peningkatan kualitas pembelajaran akuntansi dengan metode demonstrasi dengan
pendekatan lesson study di SMK N 1 Lamongan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua
siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi,
format penilaian proses pembelajaran, catatan lapangan. Teknik analisis data
dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Peningkatan kualitas pembelajaran dilihat dari peningkatan hasil
belajar siswa, penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran yang dirumuskan
dalam tahap plan oleh tim lesson study dan pelaksanaan pembelajaran di kelas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi
melalui pendekatan lesson study pada siswa program keahlian akuntansi di SMK
N 1 Lamongan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Peningkatan tersebut
didasarkan pada meningkatnya hasil belajar siswa. Hasil belajar aspek kognitif
meningkat menjadi 83,71, 82,57 untuk aspek afektif, dan 87,54 untuk aspek
psikomotorik. Rata-rata nilai proses pembelajaran juga meningkat dari 75,48 pada
siklus I menjadi 89,65 pada siklus II.
Saran dalam penelitian ini: (1) guru hendaknya memiliki kemauan dan
komitmen melaksanakan metode demonstrasi dengan pendekatan lesson study; (2)
sekolah hendaknya memotivasi guru agar bersedia menerapkan metode
demonstrasi dengan pendekatan lesson study; (3) siswa hendaknya melakukan
persiapan sebelum pembelajaran dan meningkatkan keberanian bertanya; (4)
peneliti selanjutnya hendaknya meneliti dengan jenis dan pendekatan penelitian
yang berbeda untuk mengetahui keberhasilan pelaksanaan lesson study.
i