SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MINAT PADA PROFESI GURU AKUNTANSI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Aprilia Ratna Widuri

Abstrak


ABSTRAK
 
Widuri, Aprilia Ratna Widuri. 2009.  Pengaruh Minat pada Profesi Guru
Akuntansi dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa
Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas
Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan
Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing:
(1) Drs. H. Sumadi, S.E., M.M (2) Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si. Ak
 
Kata Kunci:  Minat pada Profesi Guru Akuntansi, Motivasi Belajar, Prestasi
Belajar
 
Minat pada Profesi Guru Akuntansi adalah suatu ketertarikan atau
perhatian yang timbul tanpa adanya paksaan, yang muncul dari dalam hati nurani
seseorang dalam bentuk perhatian khusus atau perasaan senang terhadap Profesi
Guru Akuntansi yang diikuti dengan kemauan/keinginan untuk lebih tahu dan
lebih banyak belajar untuk mencapai apa yang diinginkan. Dengan adanya minat
yang tingi pada profesi Guru Akuntansi, maka akan dapat mendorong mahasiswa
untuk termotivasi dalam setiap belajarnya, guna peningkatan dan pencapaian
prestasi belajar yang lebih baik. 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Pengaruh Minat pada
Profesi Guru Akuntansi terhadap prestasi belajar mahasiswa, (2)Pengaruh
motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa (3) Pengaruh Minat pada
Profesi Guru Akuntansi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Dengan metode kuantitatif.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linear
berganda. Untuk menguji kelayakan regresi dilakukan uji asumsi klasik dan
keseluruhan analisis ini menggunakan bantuan program SPSS Versi 16.00. Teknik
pengambilan sampel, Proportional Random Sampling.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan: (1) Secara parsial Minat
mahasiswa berpengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar
mahasiswa sebesar 80,5% dengan sig t (0,000) < α (0,05).  (2) ) Secara parsial
motivasi belajar mahasiswa belajar berpengaruh positif yang signifikan terhadap
prestasi belajar sebesar 51,3% dengan sig t (0,000) < α (0,05). (3) Secara simultan
dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan antara minat pada
profesi guru akuntansi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa
yaitu sebesar 83,05%. Nilai R2
sebesar 75,1%. Sedangkan 24,9% dipengaruhi oleh
faktor lain di luar variabel. 
Berdasarkan kesimpulan di atas disarankan bahwa dalam penelitian ini
Minat pada Profesi Guru Akuntansi dan motivasi belajar berpengaruh positif
terhadap prestasi belajar mahasiswa. Oleh karena itu para Mahasiswa Program
Studi Pendidikan Akuntansi dan seluruh pihak yang terkait dalam peningkatan
mutu pembelajaran di Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri
Malang senantiasa berusaha meningkatkan dan menggiatkan pelaksanaan semua
faktor yang dapat mendukung peningkatan Minat pada Profesi Guru Akuntansi
dan motivasi belajar mahasiswa. Sehingga nantinya akan memberikan
peningkatan dalam prestasi belajar mahasiswa