SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PERILAKU MENYONTEK DAN KECEMASAN PADA SAAT PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL (UN) TERHADAP KARAKTER SISWA JURUSAN AKUNTANSI DI SMKN 1 TUREN

Tri Lestari

Abstrak


ABSTRAK
Lestari, Tri. 2009. Pengaruh Perilaku Menyontek dan Kecemasan Pada Saat
Pelaksanaan Ujian Nasional Terhadap Karakter Siswa Jurusan Akuntansi di
SMKN 1 Turen. Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan
Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I).
Sri Pujiningsih, S.E., M.Si.Ak, (II). Dra. Tri Laksiani, S.E., M.M
Kata kunci: Perilaku Menyontek, Kecemasan, Karakter Siswa
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan
simultan antara perilaku menyontek dan kecemasan pada saat pelaksanaan Ujian
Nasional terhadap karakter siswa Jurusan Akuntansi di SMKN 1 Turen.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 870 siswa dengan jumlah sampel
sebanyak 90 siswa. Besarnya sampel dalam penelitian ini ditentukan sebanyak 10%
dari banyaknya subyek dalam masing-masing strata. Pengambilan sampel dilakukan
dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data adalah
dengan menggunakan angket berdasarkan penskalaan Likert dan teknik dokumentasi
untuk data jumlah siswa jurusan Akuntansi SMKN 1 Turen. Sedangkan, metode
analisisnya menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel perilaku menyontek
(X1) mempunyai nilai thitung sebesar 7,290. Berdasarkan hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa variabel perilaku menyontek berpengaruh negatif signifikan
terhadap karakter siswa. Untuk variabel kecemasan (X2) mempunyai nilai thitung
sebesar 6,119. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel
kecemasan berpengaruh negatif signifikan terhadap karakter siswa. Sedangkan,
secara simultan atau bersama-sama variabel perilaku menyontek (X1) dan variabel
kecemasan (X2) mempunyai nilai Fhitung sebesar 57,135. Di mana signifikansi F ” 0,05
yaitu sebesar 0,000. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel
perilaku menyontek dan kecemasan berpengaruh negatif signifikan terhadap karakter
siswa jurusan Akuntansi di SMKN 1 Turen.
Saran yang dapat direkomendasikan antara lain: 1) guru diharapkan tidak
bersifat konvensional sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar yang diperlukan
agar siswa lebih percaya diri dalam menghadapi ujian, 2) melalui hasil penelitian ini
diharapkan orang tua dapat berperan sebagai teladan yang dibutuhkan oleh siswa bagi
pembentukan karakternya kelak, 3) siswa hendaknya lebih mempersiapkan diri dalam
menghadapi Ujian Nasional karena apabila siswa belajar teratur, tidak akan ada
kecemasan dalam diri siswa bahkan akan meningkatkan kepercayaan diri dan
kemampuan siswa mengerjakan soal-soal ujian sehingga tidak ada lagi keinginan
untuk menyontek, dan 4) penulis lain diharapkan dapat mengembangkan penelitian
ini dengan menggunakan responden yang berbeda yang memiliki kondisi atau
karakteristik berbeda.
Click to buy NOW!
PDF-XCHANGE
www.docu-track.com