SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KEBIASAAN BELAJAR, KEPERCAYAAN DIRI, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA JURUSAN IPS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 MALANG

Rosy Aprieza Puspita Zandra

Abstrak


ABSTRAK
Zandra, Rosy Aprieza Puspita. 2010. Pengaruh Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, Kepercayaan Diri, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Jurusan IPS di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Nurika Restuningdiah, S.E., M.Si., Ak. (II) Satia Nur Maharani, S.E., M.Si., Ak.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, Kepercayaan Diri, Lingkungan Keluarga, Hasil Belajar
Upaya mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dapat dilakukan melalui peningkatan mutu di bidang pendidikan. Hasil belajar dan peserta didik memiliki peran yang sangat besar dalam posisinya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Tentunya hal ini berkaitan dengan bagaimana siswa menyerap ilmu dan memahaminya yang disebut sebagai proses belajar. Dalam proses belajar peserta didik atau siswa menghadapi berbagai faktor, diantaranya adalah faktor motivasi belajar, kebiasaan belajar, kepercayaan diri dan lingkungan keluarga.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial antara motivasi belajar, kebiasaan belajar, kepercayaan diri, dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran Akuntansi siswa jurusan IPS di MAN 3 Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan IPS yang berjumlah 116 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa yang diambil menggunakan metode stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial motivasi belajar, kebiasaan belajar, kepercayaan diri, dan lingkungan keluarga mempunyai pengaruh signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran Akuntansi siswa jurusan IPS di MAN 3 Malang. Motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar dengan thitung = 2,122. Variabel kebiasaan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar dengan thitung = 2,691. Variabel kepercayaan diri mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar dengan thitung = 4,094, dan variabel lingkungan keluarga berpengaruh terhadap hasil belajar dengan thitung = 2,905.
Saran yang dapat direkomendasikan adalah (I) pemberian dorongan atau motivasi berupa penghargaan, hukuman, dan penciptaan suasana belajar yang kondusif agar siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya. (II) guru diharapkan dapat memberi contoh perilaku/kebiasaan belajar yang baik di dalam kelas untuk membentuk kedisiplinan dalam belajar. (III) guru hendaknya juga dapat menggali kepercayaan diri siswa demi kesuksesan proses belajar siswa, terutama dengan memberikan penguatan dan reward pada siswa. (IV) pihak sekolah yaitu konselor dan guru pengajar hendaknya dapat menjalin komunikasi yang baik dengan siswa dan orang tua siswa agar dapat membantu siswa dalam mengatasi kendala dalam proses belajar mata pelajaran Akuntansi.

Teks Penuh: DOC PDF