SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru, Persepsi Siswa tentang Kualitas Sekolah dan Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPS Pada Mata Pelajaran Akuntansi SMA Negeri 1 Kepanjen

Mifta Uswatun Hasanah

Abstrak


ABSTRAK
Hasanah, Mifta Uswatun. 2010. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Keterampilan
Mengajar Guru, Persepsi Siswa tentang Kualitas Sekolah dan Minat
Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPS Pada Mata
Pelajaran Akuntansi SMA Negeri 1 Kepanjen. Skripsi, Jurusan
Akuntansi, Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Nurika Restuningdiah,
S.E., M.Si., Ak. (II) Triadi Agung Sudarto, S.E., M.Si., Ak.
Kata Kunci : persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru, persepsi siswa
tentang kualitas sekolah, minat belajar, prestasi belajar
Kemampuan yang dimiliki oleh seorang guru dalam menerapkan
keterampilan mengajar memerlukan adanya tanggapan, penilaian dan koreksi
pihak siswa agar tetap bisa menciptakan suasana belajar yang memungkinkan
siswa untuk berprestasi secara maksimal, sehingga siswa memiliki minat belajar.
Apabila siswa telah merasa puas dengan kualitas sekolahnya maka akan muncul
feed back yang berbentuk tingkah laku, salah satunya adalah beranggapan bahwa
sekolah mereka berkualitas baik, sehingga agar tidak tertinggal dari siswa lainnya
maka mereka akan berlomba-lomba untuk belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang
keterampilan mengajar guru, persepsi siswa tentang kulitas sekolah dan minat
belajar baik secara parsial maupun simultan terhadap prestasi belajar. Penelitian
ini termasuk penelitian eksplanasi (exsplanatory research) dengan pendekatan
survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS pada
mata pelajaran Akuntansi SMA Negeri 1 Kepanjen, jumlah sampelnya adalah 55
dan penggunaan sampelnya menggunakan teknik “Proportional random
sampling”. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi.
Uji validitasnya menggunakan Pearson Product Moment, Uji reliabilitas
menggunakan Alpha Cronbach, dan analisis datanya menggunakan regresi
berganda untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan dari
variabel-variabel dalam penelitian ini.
Dari hasil analisis data diketahui bahwa: (1) persepsi siswa tentang
keterampilan mengajar guru berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa (2)
persepsi siswa tentang kualitas sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar
siswa (3) Minat belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa (4)
persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru, persepsi siswa tentang
kualitas sekolah, dan minat belajar siswa berpengaruh secara simultan terhadap
prestasi belajar siswa.
Saran: (1) Diharapkan guru mengupayakan keterampilan mengajarnya
pada setiap kegiatan pembelajaran agar siswa memiliki persepsi yang positif
terhadap keterampilan mengajar guru sehingga siswa akan meningkatkan prestasi
belajarnya(2) Diharapkan semua pihak sekolah lebih meningkatkan kualitas
sekolahnya karena bila siswa memiliki persepsi yang positif maka siswa akan giat
dalam belajarnya(3) Diharapkan bagi siswa untuk mengembangkan minatnya (4)
Bagi peneliti yang melakukan penelitian sejenis disarankan untuk menggunakan
populasi dan sampel yang lebih luas, serta menambah variabel penelitian.