SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH INFORMASI ARUS KAS TERHADAP EXPECTED RETURN SAHAM (Studi Empiris pada 50 Leading Companies in Market Capitalization yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2006-2008)

Defita Unaitrah Thalib

Abstrak


ABSTRAK

Thalib, Defita U. 2010. Pengaruh Informasi Arus Kas terhadap Expected Return Saham. Skripsi, Jurusan Akuntansi, FE. UM. Pembimbing (1) DR. Nurika Restuningdiah, SE., M.Si., Ak. (2) Ika Putri Larasati SE., M.Com.

Kata Kunci: Arus Kas, Expected return saham

Lapoan arus kas merupakan bagian dari laporan keuangan yang dapat berpengaruh terhadap perilaku investor, dikarenakan memperoleh return merupakan tujuan utama aktivitas perdagangan para investor di pasar modal. Dalam berinvestasi, investor menggunakan informasi dari laporan keuangan sebagai dasar pengambilan keputusan dan untuk meminimalisasi resiko investasinya, karena dalam laporan keuangan dapat diperoleh informasi mengenai posisi keuangan perusahaan, aliran kas, dan informasi lainnya yang terkait dengan faktor yang mempengaruhi return saham.Analisis terhadap laporan arus kas bermanfaat dalam memperkirakan bagaimana likuidasi perusahaan, solvabilitas, perusahaan dan bagaimana kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dalam bentuk kas.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh informasi dari komponen arus kas serta total arus kas terhadap expected return saham. Penelitian ini menggunakan populasi yang termasuk dalam kategori 50 Leading Companies in Market Capitalization yang terdaftar di BEI periode 2006-2008, sehingga diperoleh sampel sebanyak 26 perusahaan yang dipilih berdasarkan purposive samping. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik, uji hipotesis t dan F.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) arus kas bersih baik dari aktivitas operasi, investasi, pendanaan secara parsial tidak berpengaruh terhadap expected return saham (2) arus kas bersih dari aktivitas operasi, investasi, pendanaan secara simultan tidak berpengaruh terhadap expected return saham. Hal ini terjadi dikarenakan pelaku pasar modal mengandalkan informasi lain di pasar modal yang bukan dari laporan keuangan dan pengaruh dari faktor eksternal perusahaan seperti kondisi makro perekonomian Indonesia secara keseluruhan yang lebih dipertimbangkan oleh investor.

 Saran dalam penelitian ini untuk peneliti selanjutnya diharapkan (1) menggunakan periode pengamatan yang lebih panjang dengan jumlah sampel yang lebih banyak, (2) perlu mengembangkan penelitian dengan menyamakan kriteria perusahaan misalnya perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur, telekomunikasi dan lain-lain seperti yang tertera di dalam Indonesian Capital Market Directory (ICMD) (3) diharapkan memperhatikan faktor eksternal perusahaan seperti inflasi dan tingkat suku bunga. Bagi perusahaan diharapkan dari hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan dan dokumentasi bagi perusahaan, dalam melaksanakan sistem akuntansi dalam upaya untuk mengoptimalkan tujuan perusahaan. Bagi investor sebaiknya memilih instrumen pasar modal yang paling sesuai dengan strategi investasi secara keseluruhan.