SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Lamanya Penyelesaian Audit (Audit Delay) Studi Empiris 50 Leading Companies in Market Capitalization Periode 2006-2008

Ni Nengah putri Adhy

Abstrak


ABSTRAK

Adhy, Ni Nengah P.2006. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Lamanya Penyelesaian Audit (Audit Delay) Studi Empiris 50 Leading Companies in Market Capitalization Periode 2006-2008. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (1) Dr. Nurika Restuningdyah S.E, M.si., Dosen Pembimbing (2) Dr. Tuhardjo S.E.Ak, M.Si.

 

Kata kunci :   audit delay, ketepatan waktu pelaporan, faktor-faktor yang berpengaruh, waktu penyelesaian audit.

 

Salah satu kriteria profesionalisme dari auditor adalah ketepatan waktu penyampaian laporan auditnya. Ketepatan waktu ini terkait dengan manfaat dari laporan keuangan itu sendiri. Jika terjadi penundaan yang tidak semestinya dalam pelaporan keuangan, maka informasi yang dihasilkan akan kehilangan relevansinya. Lamanya waktu penyelesaian audit ini dapat mempengaruhi ketepatan waktu informasi tersebut dipublikasikan. Perbedaan waktu antara tanggal laporan keuangan dengan tanggal opini audit dalam laporan keuangan mengindikasikan tentang lamanya waktu penyelesaian audit yang dilakukan oleh auditor. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi audit delay dan rata-rata audit delay tahun 2006 s/d 2008. faktor-faktor yang berpengaruh terhadap audit delay yaitu ukuran perusahaan, jenis industri, tingkat profitabilitas, laba/rugi usaha, ukuran KAP, serta rasio hutang.

Populasi dalam penelitian adalah perusahaan manufaktur dan finansial yang listing di BEJ tahun 2006 s/d 2008. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 15 perusahaan (3 tahun), yang terdiri dari 9 perusahaan manufaktur dan 6 perusahaan finansial. Metode pangambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sedangkan metode analisa data menggunakan analisis regresi berganda. Untuk memenuhi model regresi yang bisa mewakili maka digunakan uji asumsi klasik. Hasil analisis menunjukkan audit delay secara signifikan dipengaruhi oleh (1) ukuran perusahaan, (2) jenis industri, (3) ukuran KAP. Dari hasil analisa multivariate menunjukkan bahwa keenam variabel serentak berpengaruh secara signifikan terhadap audit delay.

Saran yang diberikan, bagi auditor diharapkan mampu untuk mengendalikan faktor-faktor yang dominan mempengaruhi lamanya audit delay tersebut, dengan cara merencanakan pekerjaan audit dengan sebaik-baiknya agar audit delay dapat ditekan seminimal mungkin. Merekrut tenaga kerja yang profesional juga dapat membantu menyelesaikan audit tepat waktu. Bagi perusahaan publik, diharapkan dapat bekerja sama dengan auditor dengan cara memberikan data dan informasi yang dibutuhkan oleh auditor secara benar dan akurat. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat menambah faktor-faktor itu antara lain jenis pendapat auditor, status perusahaan publik dan bukan publik, kualitas sistem pengendalian internal, kompleksitas EDP dan masih banyak faktor-faktor lain yang dapat diujikan terhadap audit delay.