SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

penerapan pembelajaran kooperatif model STAD-Problem Posing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X akuntansi 1 SMK muhammadiyah 5 Kepanjen

Marisa Kristiani

Abstrak


ABSTRAK
Kristiani, Marisa 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model STAD-Problem Posing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK 5 Muhammadiyah 5 Kepanjen. Skripsi, Jurusan Akuntansi FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dyah Ayu Wardhani, S.E, M.Si, Ak.(II) Eka Ananta Sidharta S.E, M.M, Ak.
Kata kunci: STAD-Problem Posing, hasil belajar.
Berdasarkan hasil pengamatan awal, praktik pembelajaran akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen menunjukkan bahwa selama ini guru yang mengajarkan mata pelajaran Siklus Akuntansi kelas X Akuntansi 1 masih menggunakan pembelajaran konvensional yang menekankan bagaimana guru mengajar (teacher centered) daripada murid belajar (Student centered). Siswa hanya pasif menerima apa yang guru berikan. Hal ini berpengaruh pada hasil belajar siswa yang setelah dianalisis bahwa separuh siswa tidak memenuhi standart ketuntasan minimal yang berlaku di sekolah tersebut.. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diperlukan suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar. Metode pembelajaran yang dapat diterapkan adalah gabungan dari model pembelajaran STAD yang merupakan salah satu dari pembelajaran kooperatif dan Problem Posing dimana model pembelajaran ini menuntut siswa untuk membuat masalah atau soal berdasarkan suatu materi.
Penelitian ini dilaksankan pada tanggal 3 sampai 14 Nopember 2009. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan tujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes akhir belajar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen yang terdiri dari 41 siswa. Langkah-langkah metode ini ialah kerja kelompok, membuat soal, menukarkan soal dengan kelompok lain, kerja kelompok menjawab soal, persentasi kelompok dan kuis individu. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode STAD-Problem posing yang dilakukan dalam mata pelajaran Siklus Akuntansi siswa kelas X Akuntansi 1 di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Meskipun pada siklus 1 hasil belajar sudah meningkat, namun masih banyak siswa yang belum memenuhi SKM. Pada siklus 2 terjadi peningkatan yang cukup signifikan, hanya satu orang siswa yang tidak memenuhi SKM. Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa model STAD-problem posing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X akuntansi 1 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disarankan bahwa dalam menerapkan model STAD-problem posing hendaknya disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan oleh guru. Bagi peneliti selanjutnya disarankan agar tidak hanya menilai hasil belajar tapi juga menilai segala aktivitas atau keaktifan setiap siswa dalam melaksanakan langkah-langkah metode ini.