SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya Dan Kemampuan Menjawab Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Ardjuna 1 Malang

Vivi Sulistya Rahman

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahman, vivi sulistya. 2009. Penerapan Pembelajaran Model Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab siswa kelas XI Akuntansi SMK Ardjuna 1 Malang. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sawitri Dwi Prastiti, S.E., M.Si., Ak (II) Triadi Agung Sudarto, S.E., Ak.,M.Si.

 

Kata Kunci   : Think Pair Share (TPS) , Kemampuan Bertanya, Kemampuan Menjawab

 

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMK Ardjuna 1 Malang, diketahui bahwa pembelajaran yang dijalankan masih menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran lebih berpusat pada guru membuat siswa kurang aktif dalam bertanya kepada guru ataupun siswa lainnya, siswa tidak terlatih untuk berfikir kritis dalam pembelajaran, siswa kurang terlatih untuk mengeluarkan pikiran atau gagasan dan membuat pertanyaan yang sesuai dengan materi., siswa tidak berani bertanya dan menjawab pertanyaan karena kurang adanya keberanian dari siswa tersebut, takut bila jawaban mereka salah yang nantinya diolok-olok oleh teman, dan kurangnya rasa percaya kepada kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran TPS dalam meningkatkan kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab siswa selama proses belajar mengajar.

Dari hasil penelitian berdasarkan indikator keberhasilan diketahui bahwa pada siklus I tingkat pertanyaan dan jawaban siswa berada pada tingkat C1-C3, jumlah siswa yang bertanya ada 9 siswa dan 5 siswa menjawab, hal ini disebabkan siswa belum terbiasa dengan metode ini dan pembagian kelompok yang belum merata. Sedangkan pada siklus ke-II berdasarkan indikator keberhasilan diketahui bahwa penerapan metode TPS telah meningkatkan kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab siswa. Kemampuan bertanya siswa pada siklus II dapat dilihat dari jumlah pertanyaan siswa pada siklus ini yaitu sebesar 14 pertanyaan dengan 14 siswa bertanya dan 15 siswa menjawab. Berdasarkan hasil dari siklus ke-II diketahui bahwa kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab siswa telah meningkat dan berhasil. Telah lebih dari setengah siswa yang bertanya dan menjawab pertanyaan berada pada tingkat C1-C3, yang terbesar adalah pada tingkat C1 (pengetahuan).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran TPS dapat meningkatkan kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab siswa pada mata pelajaran akuntansi keuangan kelas XI Akuntansi di SMK Ardjuna 1 Malang melalui aktivitas menjawab soal secara individu, keberanian untuk mengemukakan jawaban karena jawaban yang disampaikan benar berdasarkan hasil diskusi dengan teman sebangku, memberikan pertanyaan berdasarkan pikiran mereka. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan (1) Kepada guru menerapkan pembelajaran TPS dikarenakan siswa memberikan respon positif  (2) Membiasakan siswa untuk bisa berpartisipasi aktif dan bekerjasama dalam kelompok (3) Sekolah memberikan keleluasaan siswa dalam membawa buku perpustakaan untuk bisa dibawa pulang oleh siswa.