SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh persepsi siswa atas keterampilan mengajar guru akuntansi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMAN 1 kauman tulungagung

rollis astriani

Abstrak


ABSTRAK
Astriani, Rollis. 2009. Pengaruh Persepsi Siswa atas Keterampilan Mengajar Guru
Akuntansi dan Motivai Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa
Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010.
Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi FE Universitas
Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Nurika Restuningdyah S.E, M.Si, Ak (II)
Dra. Tri Laksiani S.E, M.M
.Kata Kunci: Keterampilan Mengajar Guru, Motivasi Belajar, Prestasi belajar
Keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar merupakan  salah satu diantara
faktor-faktor  yang  berpengaruh  dalam  pencapaian  prestasi  belajar  siswa. Keterampilan
mengajar  guru  yang  baik  dan  motivasi  belajar  yang  tinggi  tentu  akan  meningkatkan
prestasi  belajar. Penelitian  ini  bertujuan  untuk mengetahui  pengaruh  baik  secara  parsial
maupun  simultan  keterampilan  mengajar  guru  dan  motivasi  belajar  terhadap  prestasi
belajar  siswa.  Penelitian  ini  dilakukan  di  SMAN  1  Kauman  Tulungagung  dan  subyek
penelitiannya  yaitu siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kauman. Jumlah populasi yang diambil
sebanyak 163 siswa dan sampel yang dipakai dalam penelitian ini berjumlah 62 siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi. Data diambil dari populasi siswakelas XI IPS SMAN 1 Kauman Tulungagung. Teknik pengambilan sampelnya
menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan
Pearson Product Moment untuk uji validitas, Alpha Cronbanch untuk uji reliabilitas, dan
regresi berganda untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan dari
variabel-variabel dalam penelitian. Dari hasil analisis data diketahui terdapat pengaruh
parsial antara keterampilan mengajar guru akuntansi terhadap prestasi belajar dengan
nilai sig t (0,000) < Į 0,050 dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig t
(0,000) < Į 0,050. Terdapat pula pengaruh simultan antara keterampilan mengajar guru
akuntansi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa  dengan nilai sig F (0,000)
< Į 0,050.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan para guru untuk mempertahankan /
meningkatkan keterampilan mengajarnya dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang
menambah keterampilan dalam mengajar agar siswa memiliki persepsi yang positif
sehingga siswa dapat lebih termotivasi untuk belajar dan tidak cepat merasa jenuh dengan
mata pelajaran yang dihadapinya sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara