SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN ANTARA METODE KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI (Studi pada Siswa Kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 SMA Negeri 1 Kan

Lelly Arkhadia

Abstrak


ABSTRAK
Arkhadia,  Lelly.  2010. Perbedaan  Efektifitas  Pembelajaran  Antara  Metode
Kooperatif  Model  Numbered  Heads  Together  (NHT)  Dengan  Model
Examples  Non  Example  Terhadap  Pretasi  Belajar  Siswa  Pada  Mata
Pelajaran Akuntansi (Studi Pada Kelas XI IPS 1 dan Kelas XI IPS 2 SMA
Negeri  1  Kandat,  Kediri). Skipsi,  Jurusan    Akuntansi,  Program  Studi
Pendidikan  Akuntansi  Fakultas  Ekonomi  Universitas  Negeri  Malang.
Pembimbing:  (1)  Sri  Pujiningsih,  S.E.,M.Si.,Ak.,  (2)  Triadi  Agung
Sudarto, S.E.,M.Si.,Ak.
Kata  Kunci:  perbedaan  efektifitas  pembelajaran,  metode  kooperatif,  model
numbered heads together (NHT), model examples non example.
Pembelajaran  kooperatif  menurut  adalah  berbagai  macam  metode
pembelajaran di mana para siswa bekerja dalam kelompok-kelompok kecil untuk
saling membantu  satu  sama  lainnya  untuk  saling mempelajari materi  pelajaran.
Penelitian  ini  digunakan  untuk  mengetahui  perbedaan  efektifitas  pembelajaran
antara  menggunakan  metode Numbered  Heads  Together  dengan  menggunakan
metode Example Non Example.
Pendekatan  dalam  penelitian  ini  menggunakan  metode  penelitian
kuantitatif Explanasi. Dalam penelitian ini bertujuan mencari perbedaan efektifitas
pembelajaran  antara  menggunakan  metode Numbered  Heads  Together  dengan
menggunakan  metode Example  Non  Example.  Penelitian  ini  mengunakan
instrumen berupa soal-soal pre test dan post test. Materi yang disampaikan dalam
enelitian  ini  yaitu  siklus  akuntansi. Penelitian  ini  dilaksanakan di SMA Negeri 1
Kandat, Kediri. Sampel yang diambil adalah kelas XI  IPS 1 yang  terdiri dari 36
siswa dan XI IPS 2 yang terdiri dari 36 siswa. Untuk kelas XI IPS 1 diberi
perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together,
sedangkan  kelas XI  IPS  2 diberi  perlakuan menggunakan model Examples  non
Example.
Hasil  penelitian  dari  penggunaan  dua  metode  pembelajaran  kooperatif
model Numbered  Heads  Together  dan  model Examples  non  Example
menunjukkan bahwa model Number Heads Together lebih efektif daripada model
Examples non Example. Hal ini ditunjukkan dengan hasil rumusan regresi Y = -
63.505  +  0.676  X1 + 0.485 X2 + e. Dapat diartikan bahwa X1    mempunyai
pengaruh  yang  lebih  besar  daripada  pengaruh  yang  diberikan  oleh X2. Sehingga
hipotesis yang dirumuskan terbukti.
Berdasarkan  hasil  penelitian  saran  yang  dapat  diberikan  oleh  peneliti
adalah: (1) Bagi peneliti yang akan datang, topik yang digunakan dalam penelitian
harus setara, sehingga  tujuan pembelajaran dapat  tercapai dengan  tepat.  (2) Bagi
peneliti  yang  akan  datang  layaknya  menggunakan  pokok  bahasan  lain  dan
instrument yang benar-benar mengukur aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.
(3) Bagi Guru Akuntansi SMA Negeri 1 Kandat,  sebaiknya dapat menggunakan
metode  pembelajaran  kooperatif  dengan  berbagai  variasi  modelnya  dalam
pembelajaran akuntansi, terutama model Numbered Heads Together.