SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Locus of Control dan Efikasi Diri Terhadap Keikutsertaan Siswa Pada Bimbingan Belajar (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XII IS 2 SMA Negeri 10 Malang)

anung yunita sari

Abstrak


Abstrak
Sari, Anung Yunita. 2009. Pengaruh Locus of Control dan Efikasi Diri Terhadap
Keikutsertaan Siswa Pada Bimbingan Belajar (Studi Kasus pada Siswa Kelas
XII IS 2 SMA Negeri 10 Malang). Skripsi, Jurusan Pendidikan Akuntansi,
Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Sri
Pujiningsih S.E, M.Si, Ak (2) Dra Tri Laksiani, S.E, M.M  
 
Keyword: locus of control, efikasi diri, keikutsertaan siswa pada bimbingan
belajar
 
Locus of control dan efikasi diri sangat penting  dalam menunjang siswa
dalam mengatasi masalahnya dalam pembelajaran serta dalam memutuskan apa
yang akan dilakukannya untuk mengatasi masalah tersebut. Bimbingan belajar
adalah alternatif yang sangat lazim dipilih siswa untuk mengatasi masalahnya
dalam bidang akademik dan untuk meningkatkan prestasi dalam akademik.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
secara parsial dan simultan antara locus of control dan efikasi diri terhadap
keikutsertaan siswa pada bimbingan belajar. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah
penelitian eksplanasi. Subyek yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa
kelas XII IPS 2 SMA Negeri 10 Malang. Teknik analisis yang digunakan adalah
statistik deskriptif dan analisis regresi ganda dalam pengolahan data yang
dilakukan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan besarnya thitung  yaitu sebesar 3,099
untuk variabel locus of control dan -1,719 untuk variabel efikasi diri. Sedangkan F
hitung  sebesar 5,460 dengan signifikasi 0,008. dengan hasil penyusunan rumus
regresi ganda Y = 17,393 + 0,279 X1 - 0,057 X2 + e, maka besarnya pengaruh
locus of control terhadap keikutsertaan siswa pada bimbingan belajar adalah 
27,9% dan efikasi diri tidak berpengaruh terhadap keikutsertaan siswa pada
bimbingan belajar.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat hubungan yang signifikan
baik secara simultan antara locus of control dan efikasi diri terhadap keikutsertaan
siswa pada bimbingan belajar. Tetapi secara parsial, efikasi diri tidak berpengaruh
terhadap keikutsertaan siswa pada bimbingan belajar. Saran dari penelitian ini
adalah agar siswa lebih meningkatkan locus of control internal dan efikasi diri
untuk menunjang prestasi bidang akademik dan agar siswa tidak menganggap
remeh pembelajaran di sekolah meskipun telah mengikuti bimbingan belajar.