SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG CITRA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 2 BLITAR

Asifatul Halimah

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Halimah, Asifatul. 2009. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Citra  Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Nurika R. S.E., M.Si, Ak. (II) Dra. Hj. Sutatmi, S.E, M.Pd, M.Si, Ak.

 

Kata kunci: persepsi, citra sekolah, motivasi belajar.

 

            Persepsi adalah kesan seseorang tentang objek persepsi tertentu yang menghendaki adanya penilaian yang dipengruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Penilaian yang dimaksud adalah penilaian siswa tentang citra yang dimiliki oleh sekolah. Citra sekolah adalah kesan yang kuat yang melekat pada seseorang, sekelompok orang atau tentang suatu insitusi, Citra sekolah dalam hal ini dapat dibedakan menjadi citra sekolah unggulan dan non unggulan dimana definisi sekolah yang memiliki citra sebagai sekolah yang unggul memunculkan konsep pengertian sekolah unggulan. Persepsi siswa tentang citra sekolah merupakan faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa. Motivasi belajar siswa merupakan keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan, menjamin kelangsungan, dan memberikan arah kegiatan belajar sehingga tujuan yang diharapkan bisa tercapai. Semakin baik persepsi siswa tentang citra sekolahnya, maka motivasi belajar siswa juga akan meningkat.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara persepsi siswa tentang citra sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi (Explanatory) dan instrumen yang digunakan berupa kuesioner dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah proportional random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar yang berjumlah 156 siswa dengan sampel sebesar 56 responden sedangkan teknik analisis datanya menggunakan regresi linear sederhana.

            Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa persepsi siswa tentang citra sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar sebesar 34,3% dan sisanya 65,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Implikasi hasil analisis adalah  terdapat pengaruh antara persepsi siswa tentang citra sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar.

Saran bagi pihak sekolah hendaknya meningkatkan citra atau nilai sekolahnya yang dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kinerja profesionalitas kepala sekolah, guru serta staf yang terkait di SMK Negeri 2 Blitar, memiliki jaringan organisasi yang baik untuk guru dan orang tua murid, kurikulum yang jelas, sering mengikuti kegiatan lomba kompetensi siswa serta memiliki sertifikat standar mutu sekolah, sehingga persepsi siswa tentang citra sekolah akan lebih baik dan motivasi belajar siswa juga akan meningkat.