SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XII Jurusan Akuntansi SMK Negeri 2 Blitar

ZULFATUN NISAK

Abstrak


ABSTRAK
Nisak, Zulfatun. 2009. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar
terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XII Jurusan Akuntansi SMK Negeri
2 Blitar. Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H.
Tuhardjo,S.E.,M.Si.,Ak. (II) Dr. Hj. Siti Thoyibatun, M.Pd,.M.M.
Kata Kunci: Kebiasaan Belajar, Motivasi Belajar, dan Prestasi.
Kebiasaan belajar adalah suatu cara belajar yang dilakukan siswa secara
berulang-ulang dalam menyiapkan diri dalam melaksanakan kegiatan belajar di
rumah dan mengikuti kegiatan belajar di sekolah. Motivasi belajar adalah 
keseluruhan daya penggerak dari dalam (intrinsik) maupun dari luar (ekstrinsik)
dari siswa yang menimbulkan kegiatan belajar dan memberikan arah pada
kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat
tercapai. Kebiasaan belajar dan motivasi belajar merupakan faktor  yang
mempengaruhi prestasi belajar siswa. Prestasi belajar adalah hasil belajar yang
diperoleh siswa dalam menyerap informasi dari kegiatan belajar mengajar yang
biasanya berupa angka yang diperoleh dari nilai ulangan harian, nilai ujian tengah
semester dan nilai rapor. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh secara parsial dan simultan kebiasaan belajar dan motivasi belajar
terhadap prestasi belajar siswa kelas XII Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 2
Blitar. 
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi (Explanatory) dan
instrumen yang digunakan berupa kuesioner dan dokumentasi. Teknik
pengambilan sampel pada penelitian ini adalah proportional random sampling.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Jurusan Akuntansi di SMK
Negeri 2 Blitar yang berjumlah 113 siswa dengan sampel sebesar 57 responden
sedangkan teknik analisis datanya menggunakan regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kebiasaan belajar
berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil
analisis dari  variabel kebiasaan belajar dengan  hasil uji t sebesar 4,340 dengan
taraf signifikasi 0,000 yang lebih kecil dari pada t sig = 0,05 dan  dari hasil
analisis variabel motivasi belajar dengan hasil uji t sebesar 3,825 dengan taraf
signifikasi sebesar 0,000 yang lebih kecil daripada t sig =0,05. Kemudian
diketahui secara simultan bahwa  kebiasaan belajar dan motivasi belajar memiliki
pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap prestasi  belajar. Hal ini
terbukti dengan uji F sebesar 15,735.
Saran yang dapat diberikan yaitu: (1) bagi pihak sekolah, agar fasilitas
belajar di sekolah dilengkapi sesuai kemampuan sekolah, sehingga siswa dapat
melaksanakan kegiatan belajar dengan baik, (2) guru hendaknya memberikan
arahan dan dorongan kepada siswa dalam rangka meningkatkan motivasi mereka
agar selalu memperbaiki kebiasaan belajar mereka serta meningkatkan cara dan
mutu pengajarannya, (3) siswa diharapkan mampu memperbaiki kebiasaan belajar
dan meningkatkan motivasi belajar agar dapat mencapai prestasi belajar yang
baik.