SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Modul Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Akuntansi Kelas X1 IPS MAN Malang 1

ENDANG SUNARSIH

Abstrak


ABSTRAK 
Endang, Sunarsih. 2009.  Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Modul Terhadap
Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Akuntansi Kelas X1 IPS
MAN Malang 1. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi
Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang.
Pembimbing: (1). Drs. H. Sumadi, S.E., M.M., (2). Triadi Agung
Sudarto, S.E., M.Si., Ak.

Kata Kunci :  Bahan Ajar Modul, Akuntansi, Prestasi Belajar 
Pemanfaatan bahan ajar modul merupakan salah satu alternatif dalam
penyelenggaraan pengajaran individual. Pembelajaran modul mampu memberikan
kemungkinan kepada siswa untuk belajar mandiri karena setiap siswa dalam kelas
dilibatkan secara maksimal dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui apakah prestasi belajar belajar siswa dengan menggunakan
bahan ajar modul lebih baik dari prestasi belajar siswa yang diajar dengan
pembelajaran konvensional. 
Metode penelitian yang digunakan adalah jenis rancangan penelitian semi
eksperimen (quasi experiment), dengan model Pretest-Postest Nonequivalent
Kontrol Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes prestasi.
Instrumen yang digunakan berupa soal pretest dan posttest. Pengambilan sampel
menggunakan teknik purposive sampling  yaitu pengambilan sampel berdasarkan
kriteria yang telah ditentukan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
siswa Kelas X1 IPS 1 dan Kelas X1 IPS 3 MAN Malang 1 semester gasal tahun
pelajaran 2009/2010.
Hasil penelitian ini diperoleh data bahwa rata-rata skor prestasi secara
berturut-turut untuk kelas eksperimen 75.65 sedangkan untuk kelas kontrol
sebesar 61.45. Berdasarkan rata-rata skor prestasi di atas disimpulkan bahwa
prestasi belajar akuntansi siswa yang belajar dengan menggunakan bahan ajar
modul lebih baik dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran
konvensional. 
Saran yang diajukan adalah (1). Bagi guru akuntansi dianjurkan
menggunakan bahan ajar modul untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. (2).
Siswa diharapkan mempersiapkan terlebih dahulu segala sesuatu sebelum
kegiatan belajar di kelas. (3). Peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian
semacam ini dengan menambah aspek afektif dan psikomotorik untuk mengukur
prestasi belajar siswa setelah perlakuan.