SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI/IPS MAN 1 Malang

rismana sita devi

Abstrak


ABSTRAK

Devi, Rismana Sita. 2010. Penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Metode
Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil
Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI/IPS
MAN 1 Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas
Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(1) Drs.
H. Sumadi, S.E., M. M., Pembimbing:(2) Dr. Nurikha
Restuningdiah S.E., M. Si. Ak.
 
 
Kata kunci: pembelajaran metode role playing, motivasi belajar, hasil belajar.
 
Dalam pembelajaran metode role playing, interaksi sosial menjadi salah
satu faktor penting bagi perkembangan skema mental yang baru. Dimana dalam
pembelajaran ini siswa ikut berperan aktif dan dapat mengetahui secara langsung
bagaimana proses dari suatu kegiatan dalam bidang akuntansi, hasil pembelajaran
diharapkan lebih bermakna bagi siswa untuk memecahkan persoalan berfikir kritis
dan melakukan observasi serta menarik kesimpulan dalam kehidupan jangka
panjangnya. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan mengambil tema
yang berkaitan dengan metode yang pembelajaran dengan maksud untuk
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran akuntansi, dimana
pelajaran akuntansi ini merupakan pelajaran yang membutuhkan keterampilan dan
saling berkaitan dengan keterampilan yang lain, serta harus didukung dengan
keterampilan menghitung.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran
metode role playing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada
mata diklat akuntansi. Ada 3 hal yang dideskripsikan dalam penelitian ini yaitu:
(1) aktivitas siswa pembelajaran akuntansi dengan metode role playing,  (2)
motivasi belajar peserta didik, (3) hasil belajar peserta didik. Sudrajat (2008:1)
menyatakan bahwa Role playing atau bermain peran merupakan salah satu model
pembelajaran yang diarahkan pada upaya pemecahan masalah-masalah yang
berkaitan dengan hubungan antar manusia (interpersonal relationship), terutama
yang menyangkut kehidupan peserta didik. Pengalaman belajar yang diperoleh
dari metode ini meliputi kemampuan kerjasama, komunikatif, keaktifan, dan
menginterprestasikan suatu kejadian. ”Motivasi adalah tenaga pendorong atau
penarik yang menyebabkan adanya perilaku seseorang ke arah suatu tujuan
tertentu” (Mulyasa, 2006:195). Sedangkan hasil belajar adalah ”hasil belajar siswa
pada hakikatnya adalah perubahan tingkah laku. Tingkah laku sebagai hasil
belajar dalam pengertian yang luas mencakup bidang kognitif, afektif, dan
psikomotoris”(Sudjana, 2009:3).
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan di MAN 1 Malang. Adapun subyek yang diteliti pada penelitian ini
adalah siswa kelas XI IPS 3 yang berjumlah 32 orang (15 putra, 17 putri)
peneltian ini dilakukan pada 27 Agustus 2009 sampai 27 September 2009.
Analisis data yang digunakan dengan model alir (flow model) yang meliputi tahap
mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Dengan menggunakan   ii
instrumen penelitian yaitu: pedoman wawancara, lembar observasi, catatan
lapangan, dan tes akhir pada tiap akhir siklus. Analisis data dilakukan secara
kualitatif. 
Hasil penelitian ini menunujukkan: 1) Aktivitas siswa dalam pembelajaran
metode role playing ini terdiri dari 6 tahap yaitu (a) menghangatkan suasana dan
memotivasi peserta didik; (b) diskusi; (c) pemeranan; (d) evaluasi pemeranan; (e)
pemberian tugas individu; (f) tes akhir siklus, 2) Motivasi siswa dengan
menerapkan metode role playing, menunjukkan hasil yang positif, terlihat dari
peningkatan signifikan dari siklus I ke siklus II baik dari aktivitas dan hasil belajar
pembelajaran, 3) hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran
role playing menunjukkan hasil yang positif, terlihat dari peningkatan signifikan
dari siklus I ke siklus II baik dari segi aktivitas dan hasil pembelajaran. Saran
yang dapat diberikan yaitu (1) Bagi guru bidang studi akuntansi MAN 1 Malang
dianjurkan menggunakan metode role playing untuk meningkatkan motivasi dan
hasil belajar siswa; (2) Siswa diharapkan mempersiapkan terlebih dahulu segala
sesuatunya sebelum pelaksanaan kegiatan belajar di kelas, sehingga akan
memudahkan guru dalam memulai pelajaran, hal ini juga dapat menghemat
waktu; (3) Bagi peneliti berikutnya, disarankan untuk melakakukan penelitian
tentang metode role playing pada pengajaran bidang studi lainnya dan di tempat
yang berbeda.