SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Intellegent Quotient (IQ), Emotinal Quotient (EQ), dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI dan XII IS SMA Negeri 4 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas

Yuni Hastiningsih

Abstrak


ABSTRAK
Hastiningsih, Yuni. 2010. Pengaruh Intellegent Quotient (IQ), Emotinal Quotient
(EQ), dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran
Akuntansi Siswa Kelas XI dan XII IS SMA Negeri 4 Malang. Skripsi, Program
Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas
Negeri Malang. Pembimbing: (I) Ika Putri Larasati, S.E, M Com, (II) Diana Tien
Irafahmi, S.Pd, M.Ed
Kata kunci: Intellegent Quotient (IQ), Emotinal Quotient (EQ), Motivasi Belajar,
Prestasi Belajar.
Pendidikan merupakan salah satu faktor yang menentukan kualitas
kehidupan suatu bangsa. Oleh karena itu bidang pendidikan termasuk hal yang
sangat diperhatikan di Indonesia. Melalui kegiatan belajar mengajar di sekolah,
siswa yang merupakan generasi penerus bangsa diharapkan dapat meraih prestasi
sebaik mungkin sesuai dengan kemampuan intelektualnya. Saat ini pendidikan
tidak hanya bertujuan mengembangkan satu potensi yang dimiliki siswa, namun
telah meluas ke arah pengembangan berbagai potensi diri siswa. Salah satunya
adalah pengembangan emosional dan memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam
belajar. Intellegent Quotient (IQ) adalah kemampuan untuk bertindak secara
terarah, berfikir secara rasional, dan mampu menghadapi lingkungan secara
efektif. Emotional Quotient (EQ) adalah himpunan bagian dari kecerdasan sosial
yang melibatkan kemampuan memantau perasaan dan emosi baik pada diri sendiri
maupun pada orang lain. Sedangkan motivasi belajar merupakan faktor yang
sangat penting dalam menetukan prestasi belajar siswa di sekolah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Intellegent
Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ) dan motivasi belajar baik secara parsial
maupun simultan terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa
kelas XI dan XII Ilmu Sosial SMA Negeri 4 Malang. Populasi dalam penelitian
ini berjumlah 144 siswa dengan jumlah sampel sebesar 60 siswa. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sedangkan metode analisis
datanya menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa variabel Intellegent
Quotient (X1), Emotional Quotient (X2), dan motivasi belajar (X3) mempunyai
nilai thitung masing-masing (9,269; 6,659: 7,660 ) dan ttabel 2,002, sehingga thitung >
ttabel. Sedangkan nilai Fhitung sebesar 59,646 dengan tingkat signifikansi sebesar
0,000 lebih kecil dari nilai α = 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan
bahwa Intellegent Quotient (X1), Emotional Quotient (X2), dan motivasi belajar
(X3) berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa (Y)
baik secara parsial maupun simultan.
Saran yang dapat direkomendasikan adalah (1) bahwa proses belajar di
sekolah diharapkan mampu mengembangkan potensi intelektual dan emosional
siswa; (2) diharapkan guru mampu menjadi motivator bagi siswa, sehingga siswa
memiliki rasa percaya diri akan kemampuannya; (3) bagi penulis lain hendaknya
lebih memperluas atau memperbesar sampel dan tempat penelitian