SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Malang Tahun Pelajaran 2009-2010

FITRI RAMAYANTI

Abstrak


ABSTRAK
Ramayanti, Fitri. 2009. “Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Malang Tahun Pelajaran 2009-2010”. Skripsi, Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(1) Dr. H. Subanji, S. Pd, M. Si. dan (2) Indriati Nurul Hidayah, S. Pd, M. Si.
Kata Kunci: Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended, Kemampuan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar Siswa.
Perkembangan teknologi yang sangat cepat menuntut masyarakat untuk dapat beradaptasi secara cepat pula. Orang yang dapat beradaptasi secara cepat adalah orang yang kreatif. Untuk itu di sekolah perlu dikembangkan pembelajaran yang dapat mengembangkan kreativitas sehingga siswa mampu menghadapi perkembangan teknologi yang cepat tersebut. Salah satu pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif adalah pembelajaran dengan pendekatan open ended.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) sebab data yang diperoleh dideskripsikan secara verbal dan bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas yaitu untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SMPN 7 Malang kelas VIII semester gasal tahun pelajaran 2008-2009. Data diambil dari hasil pengamatan selama pembelajaran berlangsung, hasil catatan lapangan, dan hasil wawancara. Pembelajaran dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap akhir siklus dilakukan tes untuk melihat kemampuan berpikir kreatif siswa dan hasil belajar siswa.
Langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan open ended model TPS (Think Pair Share) yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa adalah: (1) pengajuan soal open ended, (2) kerja secara individu, (3) diskusi kelompok, (4) diskusi kelas. Pengajuan soal open ended dilaksanakan sesingkat mungkin sehingga tidak menyita waktu pembelajaran. Peneliti memberi waktu yang cukup kepada siswa untuk mengerjakan soal baik secara individu maupun kelompok sehingga siswa lebih leluasa dalam mengerjakan soal. Dalam penyimpulan materi pada saat diskusi kelas peneliti melibatkan siswa secara aktif sehingga dapat terlihat kemampuan berpikir kreatif siswa.
Dari pembelajaran dengan pendekatan open ended yang telah dilakukan, diperoleh peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa, yaitu kemampuan berpikir kreatif siswa pada kategori cukup baik dengan prosentase kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 26,54% yang terdiri dari prosentase kemampuan berpikir lancar sebesar 45,64%, prosentase kemampuan berpikir luwes sebesar 12,59%, dan prosentase kemampuan berpikir orisinil sebesar 22,02%. Hasil belajar siswa pada kategori baik dengan prosentase siswa tuntas belajar 83,33%.

ABSTRACT
Ramayanti, Fitri. 2009. “Learning with Open Ended Approach to Increase the Ability of Students Creative Thinking of VIII Grade SMPN 7 Malang”. Thesis, Mathematics Department, Faculty of Mathematics and Science, State University of Malang. Advisor: :(1) Dr. H. Subanji, S. Pd, M. Si. dan (2) Indriati Nurul Hidayah, S. Pd, M. Si.
Keyword: Learning with Open Ended Approach, Creative Thinking Ability, Student Achievement.
The fast development of technology demands the society to be able to adapt quickly. Consequently, the successful society that can adapt well is the one who can be creative. Regarding to that fact, the learning method to increase the creative of students is necessary to be done, especially of school. One of the mathematic approach that can increase the students creative thinking ability is learning with open ended approach.
The research is descriptive-qualitative research by doing classroom activity research because the result data is described verbally. This research emphasizes to make the learning activity better by increasing the student’s creative thinking ability and student achievement. This research has been conducted at Grade 8 SMPN 7 Malang on the first semester school year 2008-2009.The data was taken from the result of observation during the learning process, field-note, and interviews. The learning process was conducted in two cycles. The researcher conducted test in every cycles in order to observe the student’s creative thinking ability and student achievement.
The procedures to conduct the learning process with open ended approach Think Pair Share (TPS) model that can increase student’s creative thinking ability are: (1) submitting the open ended problem, (2) individual work, (3) group discussion, (4) class discussion. The submitting the open ended problem was conducted as soon as possible in order to make the learning time effective. The researcher gave the certain time for students to do the problem either in a group or individually thus the students can do the tasks well. Concluding the certain material in class discussion, the researcher involved the students actively thus the student’s creative thinking ability can be seen clearly.
From the conducted learning process with open ended approach, student’s creative thinking ability in good enough categories with prosentase 26,54% consist of critical thinking ability 45,64%, flexible-thinking ability 12,59%, and original thinking ability 22,02%. Students achievement in good categories with prosentase 83,33%.