SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Keterampilan Guru Mengelola Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Jurusan Akuntansi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen

devi dwi arianti

Abstrak


ABSTRAK
Arianti, Devi, Dwi. 2009. Pengaruh Keterampilan Guru Mengelola Kelas
Terhadap Motivasi Belajar Siswa Jurusan Akuntansi SMK Muhammadiyah
5 Kepanjen. Skripsi, Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) DR. Bambang Sugeng, S.E,
M.A, M.M, Ak 
(2) Dra.Tri Laksiani, S.E., M.M.
 
Kata kunci: Keterampilan guru mengelola kelas, motivasi belajar
 
  Peran guru dalam meningkatkan mutu pendidikan sangat penting sehingga
guru  dituntut  untuk  mampu  menciptakan  suasana  belajar  yang  menyenangkan.
Suasana  belajar  yang  menyenangkan  dapat  tercipta  jika  guru  melakukan
pengelolaan kelas yang baik. keterampilan guru dalam mengelola kelas diartikan
sebagai kecakapan yang dimiliki oleh guru untuk menciptakan iklim pembelajaran
yang optimal  (kondusif)  agar peserta didik merasa nyaman dalam melaksanakan
kegiatan belajar mengajar di dalam kelas dan mengembalikannya ke kondisi yang
optimal  (kondusif)  jika  terjadi gangguan  dalam  proses  belajar mengajar. Tujuan
dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  apakah  terdapat  pengaruh
keterampilan guru mengelola kelas terhadap motivasi belajar siswa.
  Penelitian  ini  dilakukan  di  SMK  Muhammadiyah  5  Kepanjen,  Pada
tanggal  3  Desember  2009.  Penelitian  ini  termasuk  penelitian  deskriptif
korelasional.  Variabel  penelitian  antara  lain:  variabel  bebas  (X)  keterampilan
mengelola  kelas  dan  variabel  terikat  (Y) motivasi  belajar  siswa. Populasi  dalam
penelitian  ini  adalah  siswa  jurusan  akuntansi SMK Muhammadiyah  5 Kepanjen
yang  berjumlah  180  siswa.  Pengambilan  sampel  menggunakan  teknik  random
sederhana dengan jumlah sampel adalah 
50 orang  siswa kelas XII KU  -1 dan XII KU-2. Teknik pengumpulan data  yang
digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  dengan menggunakan  angket  (kuesioner).
Analisis  data  yang  digunakan  adalah  uji  validitas  dan  reliabilitas,  analisis
deskriptif, dan regresi sederhana.
  Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  keterampilan  guru  mengelola
kelas  berpengaruh  terhadap motivasi  siswa  sebesar  32,9%. Hal  ini  terbukti  dari
siswa  kelas XII  jurusan  akuntansi  yang  dijadikan  sampel  sebesar  82% menilai
bahwa  keterampilan  guru  mengelola  kelas  pada  kriteria  baik,  sehingga
berpengaruh  terhadap  motivasi  siswa  yang  ditunjukkan  dengan  4%  siswa
memiliki  motivasi  belajar  sangat  tinggi,  90%  siswa  memiliki  motivasi  belajar
tinggi,  dan  6%  siswa  memiliki  motivasi  belajar  siswa  cukup  tinggi,  dan  pada
penelitian  ini  tidak  ada  siswa  yang  memiliki  motivasi  belajar  rendah.  Adapun
hasil  pengujian  dari  penelitian  ini  diperoleh  nilai        uji  t  untuk  keterampilan
mengelola kelas adalah 4,849 dengan signifikansi 0,000 pada taraf kesalahan 5%.
Dari hasil analisis angka signifikansi 0,000 < 0,05 membuktikan bahwa hipotesis
nol (Ho) ditolak dan Ha diterima. 
  Berdasarkan  hasil  penelitian  ini,  saran  yang  diajukan  adalah:  (1)  Bagi
peneliti  lain yang  ingin meneliti masalah yang sama hendaknya mengembangkan
faktor  lain  atau  menggunakan  indikator  yang  berbeda  mengingat  keterbatasan
masalah  yang  ada dalam penelitian  ini,  (2) Guru hendaknya  lebih meningkatkan
penguasaan keterampilan mengelola kelas  agar dapat menciptakan  suasana kelas
yang  kondusif  untuk  belajar  dan,  (3)  Guru  hendaknya  menguasai  keterampilan
dasar  mengajar  lain  untuk  menunjang  proses  belajar  mengajar  sehingga  siswa
termotivasi untuk meningkatkan hasil belajarnya.