SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN KEDIRI

Lusi Riski Wulansari

Abstrak


ABSTRAK
Wulansari, Lusi Riski. 2009. Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Pemanfaatan
Media Pembelajaran Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA
Negeri se-Kabupaten Kediri. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi
Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.
Pembimbing: (I) Makaryanawati, S.E, M.Si, Ak. (II) Drs. H. Sumadi, S.E,
M.M.
Kata Kunci : Pengelolaan Kelas, Pemanfaatan Media Pembelajaran Akuntansi,
Prestasi Belajar Siswa.
Pengelolaan kelas adalah serangkaian kegiatan guru untuk menciptakan
kondisi belajar mengajar yang efektif untuk mempertahankan prestasi belajar
siswa. Pemanfaatan media pembelajaran akuntansi adalah segala sesuatu yang
dapat digunakan untuk menyalurkan pesan, merangsang pikiran, perasaan,
perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar akuntansi.
Pengelolaan kelas dan pemanfaatan media pembelajaran akuntansi merupakan
salah satu faktor yang berpengaruh dalam pencapaian prestasi belajar siswa.
Penelitian ini adalah penelitian populasi, dimana populasinya adalah guru
akuntansi kelas XI dan XII jurusan IPS di SMA Negeri se-Kabupaten Kediri yang
berjumlah 30 responden. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel bebas (X1)
adalah pengelolaan kelas, variabel bebas (X2) adalah pemanfaatan media
pembelajaran akuntansi, sedangkan variabel terikat (Y) adalah prestasi belajar
siswa. Penelitian ini termasuk penelitian eksplanasi (explanatory research) yaitu
untuk menguji pengaruh antar variabel yang dihipotesiskan. Instrumen yang
digunakan berupa kuesioner (angket) dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pengelolaan kelas dan
pemanfaatan media pembelajaran akuntansi berpengaruh signifikan terhadap
prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis terbukti secara parsial dari
masing-masing variabel dengan uji t sebesar 3,988 dengan taraf signifikasi 0,000
yang lebih kecil dari pada t sig = 0,05 dan 2,745 dengan taraf signifikasi sebesar
0,011 yang lebih kecil daripada t sig = 0,05. Kemudian diketahui secara simultan
bahwa pengelolaan kelas dan pemanfaatan media pembelajaran akuntansi
memiliki pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap prestasi belajar
siswa. Hal ini terbukti dengan uji Fhitung sebesar 16,183 dengan taraf signifikasi
sebesar 0,000, karena taraf yang menyertainya kurang dari 0,05 yaitu (0,000