SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SISTEM GANDA DAN MINAT MEMILIH PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT PRODUKTIF SISWA KELAS XII AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 PONOROGO TAHUN AJARAN 2009/2010

Lilik Widayanti

Abstrak


ABSTRAK
 
Widayanti, Lilik. 2009.  Pengaruh Persepsi Siswa tentang Implementasi
Pendidikan Sistem Ganda dan Minat Memilih Program Keahlian
Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Produktif Siswa Kelas
XII Akuntansi di SMK Negeri 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2009/2010.
Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi FE
Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Makaryanawati S.E, M.Si,
Ak (II) Triadi Agung Sudarto S.E, M.Si, Ak.
 
Kata Kunci: Implementasi PSG, Minat memilih program keahlian, Prestasi  
belajar
 
  Implementasi Pendidikan Sistem Ganda dan minat memilih program
keahlian akuntansi merupakan salah satu di antara faktor-faktor yang berpengaruh
dalam pencapaian prestasi belajar siswa. Implementasi Pendidikan Sistem Ganda
yang baik dan minat memilih program keahlian yang tinggi tentu akan
meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini adalah penelitian populasi, dimana
jumlah populasinya adalah siswa-siswi kelas XII program keahlian Akuntansi di
SMK Negeri 1 Ponorogo yang berjumlah  77 siswa. Penelitian ini dilakukan
dengan metode eksplanasi dengan tujuan untuk menguji hipotesis yaitu menguji
pengaruh variabel bebas yang terdiri dari persepsi siswa tentang implementasi
Pendidikan Sistem Ganda (X1) dan minat memilih program keahlian akuntansi
(X2) terhadap variabel terikat yaitu prestasi belajar (Y). Teknik pengumpulan data
dengan cara menyebarkan kuesioner. 
Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa implementasi
Pendidikan Sistem Ganda, minat memilih program keahlian akuntansi dan prestasi
belajar siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Ponorogo sudah pada tingkat
kondisi yang baik. Implementasi Pendidikan Sistem Ganda dan minat memilih
program keahlian akuntansi berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar
66,2% dan sisanya sebesar 33,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti
oleh penulis. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai ttabel=1,993, nilai thitung X1=6,560
dan thitung X2=6,226 dengan probabilitas 0,000 < 0,05 (pada taraf signifikansi 5%).
Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara
implementasi Pendidikan Sistem Ganda dan minat memilih program keahlian
akuntansi terhadap prestasi belajar siswa.
Dari uraian di atas, saran-saran yang diberikan antara lain: a) Bagi pihak
sekolah, diharapkan untuk meningkatkan mutu implementasi Pendidikan Sistem
Ganda yang dilaksanakan dalam rangka praktek industri sehingga tujuan
pembelajaran dapat tercapai dengan lebih optimal. Penempatan dunia usaha atau
dunia industri perlu lebih disesuaikan dengan program keahlian yang dimiliki
siswa sehingga siswa dapat benar-benar menerapkan ilmu yang diterima di
sekolah ke dalam dunia usaha di lingkungan praktek Pendidikan Sistem Ganda.,
b) bagi peneliti berikutnya diharapkan dapat mengembangkan komponen-
komponen lainnya yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Serta dapat
memperbaharui dan menambah variabel penelitian yang sebelumya.