SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh NUN SMP, Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Jurusan IPS SMA Negeri 1 Kepanjen Tahun Ajaran 2009/2010

Widawati Widawati

Abstrak


ABSTRAK
Widawati, Wiwit. 2009. Pengaruh NUN SMP, Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Jurusan IPS SMA Negeri 1 Kepanjen Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si, Ak. (II) Dr. Bambang Sugeng, M.A., M.M., Ak.
Kata Kunci: NUN SMP, Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua, Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar
Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan di negara kita, karena pendidikan merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan nasional, sehingga peningkatan mutu pendidikan perlu dilakukan agar tujuan nasional tersebut dapat diwujudkan.
Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal misalnya motivasi belajar. Faktor eksternal misalnya latar belakang sosial ekonomi orang tua dan prestasi belajar siswa dari jenjang sebelumnya.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh secara parsial NUN SMP, latar belakang sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Selain itu juga pengaruh secara simultan NUN SMP, latar belakang sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa jurusan IPS SMA Negeri 1 Kepanjen Tahun Ajaran 2009/2010.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kepanjen yang berjumlah 108 siswa. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa siswa yang diambil secara random. Penelitian ini termasuk penelitian eksplanasi, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial NUN SMP dan motivasi belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal itu dapat ditunjukkan dari nilai signifikansi t sebesar 0,000 dan 0,021. Secara parsial latar belakang sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa, hal itu dapat ditunjukkan dari nilai signifikansi t sebesar 0,687. Secara simultan NUN SMP, latar belakang sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap terhadap prestasi belajar siswa, hal itu dapat ditunjukkan dari nilai signifikansi F sebesar 0,000.
Disarankan (1) Pihak sekolah dalam mengambil keputusan yang dapat dijangkau siswa, dalam bentuk kebutuhan dana untuk menunjang kelancaran kegiatan pembelajaran dan pihak sekolah dapat memberikan bantuan misalnya beasiswa bagi siswa yang kurang mampu, (2) Guru hendaknya memberikan arahan dan dorongan agar siswa termotivasi untuk belajar dalam rangka meningkatkan prestasi belajarnya (3) Bagi siswa yang memiliki jumlah NUN kurang disarankan agar lebih giat belajarnya dan mampu meningkatkan motivasi belajar.