SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Guru dan Pengelolaan Kelas terhadap Prestasi Belajar yang Dimediasi oleh Motivasi Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Turen)

Ika novrida Kurniawati

Abstrak


ABSTRAK
Kurniawati, Ika N. 2010. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Guru dan Pengelolaan Kelas terhadap Prestasi Belajar yang Dimediasi oleh Motivasi Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Turen). Skripsi, Jurusan Akuntansi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Tuhardjo, S.E, M.Si, Ak (II) Dr Nurika Restuningdyah, S.E, M.Si, Ak
Kata kunci: Persepsi, Kompetensi Profesional Guru, Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Peranan guru sebagai leader dalam kegiatan belajar di kelas sudah lama diakui sebagai salah satu faktor penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Guru dituntut mampu secara profesional untuk mengelola kelas, menciptakan dan mempertahankan kondisi belajar yang optimal bagi tercapainya tujuan pembelajan. Dengan adanya komponen kompetensi profesional guru dan pengelolaan kelas dapat berpengaruh terhadap motivasi dalam mata pelajaran akuntansi dan berpengaruh juga terhadap tingkat prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara: (1) kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar siswa, (2) pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa, (3) motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, dan (4) kompetensi profesional guru dan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar yang dimediasi oleh motivasi belajar siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Variabel penelitian ini antara lain: kompetensi profesional guru (X1), pengelolaan kelas (X2), motivasi belajar (Y) dan prestasi belajar (Z). Populasi yang dipilih adalah adalah siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Turen berjumlah 82 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan proporsional sampling sebanyak 41 responden, dan metode analisis adalah analisis jalur (path analysis). Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi.
Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan antara Kompetensi Profesional Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Turen sebesar 0,356, (2) Terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan antara Pengelolaan Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Turen sebesar 0,340, (3) Terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan antara Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 1 Turen sebesar 0,293, dan (4) Terdapat pengaruh tidak langsung yang positif dan signifikan antara Kompetensi Profesional Guru dan Pengelolaan Kelas terhadap Prestasi Belajar yang dimediasi oleh Motivasi Belajar Siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Turen sebesar 0,035. Disarankan agar: (1) Pihak kepala sekolah memantau atau mengevaluasi para guru agar meningkatkan kompetensi profesional dalam mengajar, (2) Para guru aktif mengikuti kegiatan MGMP, seminar dan pelatihan tentang kompetensi profesional guru, (3) Siswa hendaknya meningkatkan motivasi belajar dengan aktif mengerjakan tugas, berpartisipasi dalam diskusi kelas, mempelajari terlebih dahulu materi pelajaran yang disampaikan guru, serta mempelajari pelajaran dari sekolah, dan (4) Peneliti selanjutnya agar objek yang diteliti lebih luas. sehingga hasil penelitian lebih representatif dan valid.

Teks Penuh: DOC PDF