SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH DAN LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XII IPS SMA NEGERI 6 MALANG

EKA AFNI PRATIWI

Abstrak


ABSTRAK
 
 
Pratiwi, Eka Afni. 2010. Pengaruh Fasilitas Belajar di Sekolah dan Latar
Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa
pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XII IPS SMA Negeri 6 Malang.
Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas
Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Tuhardjo,
S.E., M.Si, Ak. (2) Satia Nur Maharani, S.E., M.Sa, Ak.
 
Kata kunci: Fasilitas Belajar, Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua,
Prestasi Belajar.
 
Belajar merupakan suatu proses yang dilakukan seseorang untuk mencapai
sesuatu yang diinginkan. Pada saat proses kegiatan belajar mengajar berlangsung,
setiap siswa tentu berharap akan dapat mencapai hasil yang baik dan memuaskan
sesuai dengan usaha yang telah dilakukan. Kenyataan yang terjadi terkadang tidak
sesuai dengan harapan. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, yang meliputi
faktor internal dan faktor eksternal. Diantara semua faktor tersebut terdapat faktor
fasilitas belajar dan latar belakang sosial ekonomi orang tua yang turut
mempengaruhinya.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh fasilitas belajar di sekolah dan latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar
siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 6 Malang. Jenis penelitian ini adalah
penelitian eksplanasi (eksplanantory research) dan instrumen yang digunakan
berupa kuisioner dan dokumentasi. Jumlah sampel sebanyak 50% dari jumlah
populasi, yakni sebesar 55 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis data
deskriptif dan analisis linier berganda.  
Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa fasilitas belajar memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Terbukti dari hasil
analisis diperoleh nilai t sebesar 4,402 dengan signifikansi 0,000. Latar belakang
sosial ekonomi orang tua juga memiliki pengaruh yang sigifikan terhadap prestasi
belajar siswa. Terbukti dengan diperolehnya nilai t sebesar 6,902 dengan
signifikansi 0,000. Diketahui secara simultan bahwa fasilitas belajar dan latar
belakang sosial ekonomi orang tua memiliki pengaruh signifikan tehadap
pengaruh prestasi belajar siswa. Terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai F
sebesar 27,565 dengan signifikansi 0,000.
Saran yang diajukan adalah: (1) Sekolah dalam pengadaan fasilitas belajar
hendaknya memperhatikan kebutuhan belajar siswa, terutama kebersihan ruang
sekolah dan memperbaiki fasilitas belajar yang telah ada, terutama fasilitas yang
menunjang dalam proses pembelajaran. (2)Bagi siswa berprestasi dan latar belakang
sosial ekonomi orang tuanya kurang mampu diharapkan sekolah bisa memperhatikannya dengan memberikan beasiswa untuk membantu memenuhi biaya
pendidikan, sehingga kebutuhan belajar dapat tercukupi dan dapat  meningkatkan
prestasi belajar. (3) Bagi peneliti berikutnya diharapkan mengadakan penelitian lebih
lanjut mengenai fasilitas belajar dan latar belakang sosial ekonomi orang tua dengan
menambah kajian variabel yang lain yang sekiranya mempengaruhi prestasi belajar
siswa.

Teks Penuh: DOC PDF