SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN STRATEGI RECIPROCAL TEACHING DALAM MODEL JIGSAW PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi pada Kelas XI IPS 2 SMA N 1 Kertosono)

ulfatul zarok

Abstrak


ABSTRAK
Zarok, Ulfatul. 2010. Implementasi Pembelajaran Strategi Reciprocal Teaching
dalam Model Jigsaw pada Mata Pelajaran Akuntansi Untuk Meningkatkan
Prestasi Belajar Siswa pada Kelas XI IPS 2 SMA N 1 Kertosono. Skripsi
Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakulats Ekonomi
Universitas Negeri Malang.
Pembimbing: (1) Yuli Widi Astuti, S.E., M.Si., Ak, (2) Drs. H. Sumadi,
M.M
Kata Kunci: Strategi Reciprocal Teaching, Model Jigsaw, Prestasi Belajar Siswa
Berdasarkan hasil observasi peneliti di Kelas XI IPS 2 SMA N 1
Kertosono, dalam proses pembelajaran Akuntansi di kelas siswa kurang
memperhatikan ketika guru menjelaskan di depan kelas, dan tidak berusaha
merangkum apa yang disampaikan oleh guru. Dimana merangkum merupakan
salah satu alat yang dapat dijadikan siswa sebagai pengingat, terutama pada materi
yang banyak teorinya. Oleh sebab itu perlu adanya modivikasi dalam penggunaan
metode pembelajaran, dimana pembelajarn tersebut harus dapat mengubah
kebiasaan siswa tersebut. Pembelajaran yang dapat memberikan peran siswa dapat
dilakukan dengan beberapa pendekatan, salah satunya pembelajaran reciprocal
teaching.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Meningkatkan Keaktivan siswa
melalui implementasi pembelajaran Strategi reciprocal teaching dalam model
jigsaw pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS 2 SMA N 1 Kertosono, (2)
Meningkatkan prestasi belajar siswa melalui implementasi pembelajaran strategi
reciprocal teaching dalam model jigsaw pada mata pelajaran akuntansi kelas XI
IPS 2 SMA N 1 Kertosono. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa
kelas XI IPS 2 SMA N 1 Kertosono. Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan, yaitu (1) Perencanaan, (2)
Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Menggunakan dua instrumen, yaitu (1)
Lembar test, (2) Lembar Pedoman wawancara, menggunakan lima cara dalam
pengumulan data, yaitu (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Catatan Lapangan,(4)
Tes, (5) Dokumentasi. Analisi data dalam penelitian ini menggunkan tiga cara,
yaitu reduksi data, paparan data, dan penyimpulan data.
Pada pre test rata-rata hasil belajar siswa adalah 32,125, sedangkan pada
post test siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 79,75 mengalami peningkatan
sebesar 148%. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa, yaitu 89,25 meningkat
sebesar 12,5% dari siklus I. Saran yang diberikan adalah bagi guru mata pelajaran
Akuntansi SMA N 1 Kertosono dianjurkan menggunakan pembelajaran strategi
reciprocal teaching dalam model jigsaw, terutama pada materi yang terdapat
banyak teorinya. Sebelum melaksanakan pembelajaran pada kegiatan awal
hendaknya guru menjelaskan strategi yang akan digunakan sejelas mungkin agar
hambatan yang dialami peneliti tidak terjadi kembali, sehingga kegitan
pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal.

Teks Penuh: DOC PDF