SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN FAKTOR EKSTERNAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI di SMK NEGERI 1 MALANG

Eka Hardiyanti

Abstrak


ABSTRAK
Hardiyanti, Eka . 2010.  Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal Terhadap
Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK
Negeri 1 Malang . Skripsi, Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonmi
Universitas Negeri Malang.  Pembimbing: (1) Sri Pujiningsih , S.E, M.Si.AK
 (II)  Triadi Agung .S, S.E, M. Si, AK
 
Kata Kunci : Pengaruh, Faktor Internal dan  Faktor Eksternal, Prestasi Belajar
 Dari pengamatan peneliti dan data empiris yang telah dikumpulkan sementara
menunjukkan indikasi bahwa siswa kurang aktif selama proses pembelajaran dan
keberhasilan siswa dalam kegiatan belajar masih kurang memuaskan. Hal ini ditunjukkan
dengan masih banyak siswa yang tidak memenuhi standar kelulusan dalam ulangan 
harian dan harus melakukan pelaksanaan remidial.Penelitian ini diharapkan dapat
memberikan  informasi adanya faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu
faktor internal dan faktor eksternal.
 Jenis penelitian kuantitatif eksplanasi dan dengan rancangan penelitian korelasional.
Sampel penelitian menggunakan  sampling porpusive yaitu  seluruh siswa kelas XI
program keahlian akuntansi tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini dilakukan di SMK
Negeri 1 Malang, pada tanggal 19 Oktober 2009. Untuk analisis data penelitian yang digunakan adalah analisis statistik Deskriptif dan analisis Statistik Inferensial dengan ,
analisis regresi berganda dan uji hipotesis  .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan antara
faktor internal dan faktor eksternal terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI
program keahlian akuntansi di SMK Negeri 1 Malang., ditunjukkan dengan hasil  bahwa
Prestasi belajar siklus akuntansi (Y) rata-rata naik sebesar 0,044 X1 untuk peningkatan
satu skor  faktor minat (X1). Prestasi belajar siklus akuntansi (Y) rata-rata naik sebesar
0,046X2 untuk peningkatan satu skor  faktor motivasi (X2). Prestasi belajar siklus
akuntansi (Y) rata-rata naik sebesar 0,056X3 untuk peningkatan satu skor faktor bakat
(X3). Prestasi belajar siklus akuntansi (Y) rata-rata naik sebesar 0,025X4  untuk
peningkatan satu skor  faktor kesehatan jasmani (X4). Prestasi belajar siklus akuntansi
(Y) rata-rata naik sebesar 0,039X5 untuk peningkatan satu skor faktor Kebiasaan Belajar
(X5). Prestasi belajar siklus akuntansi (Y) rata-rata naik sebesar 0,034X6untuk
peningkatan satu skor  faktor Aktivitas Belajar (X6). Prestasi belajar siklus akuntansi (Y)
rata-rata naik sebesar 0,033X7 untuk peningkatan satu skor faktor Lingkungan Keluarga
(X7). Prestasi belajar siklus akuntansi (Y) rata-rata naik sebesar 0,065X8  untuk
peningkatan satu skor  faktor Lingkungan Sekolah (X8). P restasi belajar siklus akuntansi (Y) rata-rata naik sebesar 0,039(X9 )untuk peningkatan satu skor  faktor Lingkungan
Masyarakat (X9). 
Berdasarkan  hasil penelitian ini disarankan baik peneliti, siswa-siswi dan guru
sebaiknya mengoptimalkan  baik faktor internal dan faktor sksternal agar tercapainya
prestasi belajar yang maksimal dan optimal. Faktor internal tetap diperlukan dalam
memilih sekolah menengah. Untuk itu kita perlu tahu tentang diri siswa tersebut. Kita
coba untuk menggali hal-hal yang diinginkan siswa tersebut, agar orang tua maupun
orang lain (sebagai faktor eksternal) dapat benar-benar mengarahkan, dan bukan
memberikan suatu pendapat atau argumen yang nantinya akan memberikan kesan
pemaksaan terhadap siswa tersebut, sehingga siswa merasa nyaman, termotivasi,
memiliki minat dan bakat, kebiasaan dan aktivitaas belajar yang baik  dalam pelaksanaan
proses belajar dan prestasinya pun akhirnya dapat diperoleh dengan maksimal.

Teks Penuh: DOC