Pengaruh Cara Belajar, Fasilitas Belajar Di Rumah dan Bimbingan Belajar Oleh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Diklat Akuntansi Kelas X Akuntansi Di SMK Negeri 2 Blitar.
Abstrak
ABSTRAK
Syaharin, Ulfa Himatul. Pengaruh Cara Belajar, Fasilitas Belajar Di Rumah dan
Bimbingan Belajar Oleh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pada
Mata Diklat Akuntansi Kelas X Akuntansi Di SMK Negeri 2 Blitar.
Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi,
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.
Pembimbing: (1) Dr. Dyah Aju Wardhani, S.E, Ak, M.Si., (2) Eka
Ananta Sidharta, S.E., Ak, M.M.
Kata Kunci: Cara Belajar, Fasilitas Belajar Di Rumah, Bimbingan Belajar Oleh
Orang Tua, Prestasi Belajar.
Belajar adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada
diri seseorang. Berhasil atau tidaknya belajar dipengaruhi oleh berbagai macam
faktor. Faktor- faktor yang mempengaruhi belajar antara lain cara belajar, fasilitas
belajar di rumah dan bimbingan belajar oleh tua. Oleh karena itu penelitian ini
membahas tentang pengaruh cara belajar, fasilitas belajar di rumah dan bimbingan
belajar oleh orang tua terhadap prestasi belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah eksplanasi (eksplanatory research).Populasinya
yaitu seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Blitar. Teknik pengumpulan
data menggunakan random sampling. Sedangkan teknik analisis data
menggunakan regresi digunakan untuk mengetahui pengaruh dari variabel bebas
(cara belajar, fasilitas belajar di rumah dan bimbingan belajar oleh orang tua)
terhadap variabel terikat ( prestasi belajar).
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh positif
antara cara belajar dengan prestasi. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis regresi
diperoleh nilai t hitung sebesar 2.303 sedangkan signifikansi t sebesar 0.028
Teks Penuh: DOC PDF