SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Cara Belajar, Fasilitas Belajar Di Rumah dan Bimbingan Belajar Oleh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Diklat Akuntansi Kelas X Akuntansi Di SMK Negeri 2 Blitar.

Ulfa Himatul Syaharin

Abstrak


ABSTRAK  

 

 

Syaharin,  Ulfa Himatul. Pengaruh Cara Belajar, Fasilitas Belajar Di Rumah dan

Bimbingan Belajar Oleh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pada

Mata Diklat  Akuntansi Kelas X Akuntansi Di SMK Negeri 2 Blitar.

Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi,

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Pembimbing: (1) Dr. Dyah Aju Wardhani, S.E, Ak, M.Si., (2) Eka

Ananta Sidharta, S.E., Ak, M.M. 

 

Kata  Kunci:  Cara  Belajar,  Fasilitas  Belajar  Di  Rumah,  Bimbingan  Belajar  Oleh

Orang  Tua, Prestasi Belajar.

 

Belajar adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada

diri seseorang. Berhasil atau tidaknya belajar dipengaruhi oleh berbagai macam

faktor. Faktor- faktor yang mempengaruhi belajar antara lain cara belajar, fasilitas

belajar di rumah dan bimbingan belajar oleh tua. Oleh karena itu penelitian ini

membahas tentang pengaruh cara belajar, fasilitas belajar di rumah dan bimbingan

belajar oleh orang tua terhadap prestasi belajar siswa.

Jenis penelitian ini adalah eksplanasi (eksplanatory research).Populasinya

yaitu seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Blitar. Teknik pengumpulan

data menggunakan random sampling. Sedangkan teknik analisis data

menggunakan regresi digunakan untuk mengetahui pengaruh dari variabel bebas

(cara belajar, fasilitas belajar di rumah dan bimbingan belajar oleh orang tua)

terhadap variabel terikat ( prestasi belajar).

Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh positif

antara cara belajar dengan prestasi. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis  regresi

diperoleh nilai t hitung sebesar 2.303 sedangkan signifikansi t sebesar 0.028


Teks Penuh: DOC PDF