SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Rasio Keuangan (Current Ratio, Debt Ratio Dan Return On Invesment) Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012)

Achmad Nuradhi Pamungkas

Abstrak


ABSTRAK

 

Pamungkas, Achmad Nuradhi. 2014. Pengaruh Rasio Keuangan (Current Ratio, Debt Ratio Dan Return On Invesment) Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012) Skripsi, Jurusan, Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. (I) Drs. H. Sumadi, S.E, M.M, (II) Dr. H. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci : CR, DR, ROI dan Harga Saham

 

Pada dasarnya terdapat dua faktor yang mempengaruhi atas perubahan harga saham, faktor tersebut yaitu terkait dengan faktor fundamental dan teknikal. Faktor fundamental menunjukkan kinerja keuangan perusahaan sedangkan untuk faktor teknikal terkait dengan kondisi eksternal perusahaan. Pada penelitian ini lebih ditekankan pada faktor fundamental dengan pertimbangan bahwa faktor tersebut secara langsung dapat ditentukan oleh pencapaian kinerja keuangan perusahaan, dalam hal ini mengenai CR, DR dan ROI.

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Apakah terdapat pengaruh rasio keuangan yang meliputi CR, DR dan ROI secara parsial terhadap harga saham? 2) Apakah terdapat pengaruh rasio keuangan yang meliputi CR, DR dan ROI secara simultan terhadap harga saham? 3) Diantara rasio keuangan yang meliputi CR, DR dan ROI  apakah yang mempunyai pengaruh dominan harga saham?

Jenis penelitian asosiatif/hubungan yaitu penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pengaruh rasio keuangan yang meliputi CR, DR an ROI secara parsial terhadap harga saham. Populasi penelitian ini perusahaan-perusahaan makanan dan minuman yang go public di Bursa Efek Indonesia periode waktu 2010-2012 di mana data diperoleh dari sumber data sekunder. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji F dan uji t

Kesimpulan hasil penelitian bahwa  Terdapat pengaruh rasio keuangan yang meliputi CR, DR dan ROI secara parsial terhadap harga saham. Hasil uji F dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh rasio keuangan yang meliputi CR, DR dan ROI secara simultan terhadap harga saham dengan tingkat signifikansi 0,000, sehingga dapat diketahui bahwa tingkat signifikansi lebih kecil dari . Rasio ROI mempunyai pengaruh dominan harga saham dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,666.