SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Penggunaan Portofolio Dalam Bentuk Asesmen Autentik Terhadap Evaluasi Guru Untuk Mata Pelajaran Akuntansi (Studi Kasus Kelas 1C Akuntansi Di SMK Shalahudin Malang)

Widya Wahyuningsih

Abstrak


ABSTRAK
Wahyuningsih, Widya. 2007. Efektivitas Penggunaan Portofolio Dalam Bentuk Asesmen
Autentik Terhadap Evaluasi Guru Untuk Mata Pelajaran Akuntansi (Studi Kasus Kelas 1C
Akuntansi Di SMK Shalahudin Malang). Skripsi, Jurusan Pendidikan Akuntansi FE Universitas
Negeri Malang. Pembimbing: (I) Triadi Agung Sudarto, S.E,.M.Si, Ak (II) Drs. Cipto Wardoyo,
SE, M.Pd, M.Si, Ak.
Kata Kunci: Efektivitas, Portofolio dalam bentuk Asesmen Autentik, Evaluasi Guru.
Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan tersebut adalah
dengan diberlakukanya Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang salah satunya adalah
penilaian portofolio. Bentuk portofolio berupa kumpulan bukti atau berkas hasil karya siswa
sebagai refleksi pengembangan dirinya yang menunjukkan hal-hal yang siswa ketahui dan halhal
yang dapat dan telah diberlakukan. Portofolio dapat memberikan masalah yang efektif
kepada guru tentang kualitas dan kuantitas pemahaman siswa mengenai materi pelajaran yang
disajikan. Asesmen autentik dalam portofolio secara langsung maupun tidak langsung
mengaktifkan siswa dalam proses belajar mengajar karena dalam penerapannya menuntut siswa
untuk mengungkapkan hal baru yang diperoleh dalam proses belajarnya khusunya dalam
pelajaran akuntansi.
Penelitian mengenai penggunaan portofolio dalam bentuk asesmen autentik juga
berpengaruh pada hasil belajar yang pernah dilakukan oleh mahasiswa Universitas Negeri
Malang. Hardiyanti (2006) melakukan penelitian mengenai apakah metode penerapan asesmen
portofolio dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran matematika.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas
dan dalam 2 siklus. Hasil dari penelitian adalah pembelajaran dengan penerapan asesmen
portofolio dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika dan dapat diterapkan
dengan baik dalam pembelajaran matematika di SMA Negeri 8 Malang. Khuswatul (2006),
melakukan penelitian mengenai pembelajaran dengan metode penilaian portofolio sebagai
bentuk asesmen autentik dengan fokus penilaian pada aspek minat belajar dan pemahaman siswa
terhadap pembelajaran matematika. Hasil penelitian tersebut adalah pembelajaran dengan
penilaian portofolio sebagai bentuk asesmen autentik dapat meningkatkan penguasaan dan
evaluasi siswa secara signifikan dan bisa diterapkan dengan baik dalam pembelajaran
matematika di SMP Negeri 1 Tumpang Malang. Berdasarkan penelitian terdahulu diatas dapat
disimpulkan bahwa dalam pembelajaran mata pelajaran matematika dapat diterapkan dengan
baik dan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan
kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus melalui 4 tahap yaitu: perencanaan
tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas 1C-AK SMK Shalahudin Malang yang berjumlah 28 orang siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes tertulis portofolio, lembar observasi, angket dan
wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan dengan menggunakan
uji-t antara nilai pre tes dan pos tes.
Dari hasil analisis data, dapat diketahui bahwa skor rata-rata dari penilaian adalah: (1)
Ketrampilan Proses, dari hasil siklus I 71,43% meningkat 75% pada siklus II dalam aspek
inisiatif siswa, aspek keaktifan siklus I 96,64% menurun menjadi 96,43% pada siklus II, dan
aspek kemampuan siklus I 118% meningkat menjadi 122% pada siklus II; (2) Kualitas Hasil
Kerja Siswa Secara Kelompok mampu menghasilkan kerja yang baik pada siklus I dan siklus II
baik sekali; (3) Tes Tertulis, skor rata-rata tes dari siklus I 45,54 meningkat menjadi 55,18
sedangkan pada siklus II 63,93 meningkat menjadi 81,04. nilai total rata-rata kelas siklus II ini
mengalami peningkatan dibandingkan dengan siklus I yaitu dari 50,36 pada siklus I menjadi
72,44 pada siklus II. Dengan peningkatan ini, berarti siswa berhasil meningkatkan hasil
belajarnya setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dan (4) Hasil Analisis Efektivitas Siswa
pada siklus I ≤ 14,46 menjadi ≥10,89 pada siklus II sehingga tidak perlu diadakan perbaikan
(remidi) pada siklus selanjutnya.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan
portofolio dalam bentuk asesmen autentik efektif diterapkan dalam hasil belajar proses
pembelajaran akuntansi pada pokok bahasan Jurnal Khusus siswa SMK Shalahudin Malang.
Sedangkan saran-saran yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagi peneliti
selanjutnya maupun guru akuntansi hendaknya dapat melakukan penelitian pembelajaran dengan
menggunakan portofolio pada konsep lain. Kelemahan portofolio dalam penelitian ini adalah
cenderung memerlukan waktu yang banyak, baik dalam mengumpulkan bahan bukti belajar pada
penilaian hasil portofolio, maupun dalam merencanakan antara guru dan siswa. Oleh karena itu
segala sesuatunya sebelumnya haruslah direncanakan terlebih dahulu oleh guru dan disepakati
oleh siswa.

Teks Penuh: DOC PDF