SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Wajib Pajak tentang Kenaikan Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) dan Tingkat Pengetahuan Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi pada Sektor Industri Kota Tuban)

Kasriyatun .

Abstrak


ABSTRAK

 

Anggara, Ari. 2014. Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Prezi oleh Guru Akuntansi Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sunaryanto, M.Ed. (II) Dr. Suparti, M.P.

 

Kata Kunci : Pemanfaatan Media Pembelajaran Prezi, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

Sekolah sebagai instansi pendidikan dalam meningkatkan motivasi dan menunjang hasil belajar siswa perlu memperhatikan pemanfaatan media pembelajaran, mengingat akan kebutuhan serta tuntutan teknologi dalam pendidikan. Berdasarkan uraian tersebut, maka penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pengaruh pemanfaatan media pembelajaran prezi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI di SMA Negeri 5 Malang.

Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pemanfaatan media pembelajaran prezi, sedangkan variabel terikat adalah motivasi, dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Malang dan sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1dan XI IPS 3. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Analisis hasil dan pengujian  hipotesis penelitian eksperimen  yang menggunakan pretest-posttest dan angket ini diuji dengan rumus uji t dua sampel tidak berpasangan.

Berdasarkan hasil analisis data maka: Pemanfaatan media pembelajaran prezi berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran akuntansi, dan pemanfaatan media pembelajaran prezi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 5 Malang. Saran dalam penelitian ini adalah: Sekolah hendaknya sering memberi pelatihan penggunaan media yang tersedia di sekolah kepada tenaga pendidik di sekolah. Guru hendaknya memaksimalkan pemanfaatan media pembelajaran di sekolah, sehingga hasil belajar siswa dapat tercapai secara maksimal. Dan siswa hendaknya lebih disiplin dalam menjaga kondisi kelas, agar guru bisa memaksimalkan kegiatan belajar mengajar, dan siswa diharapkan lebih aktif dalam mencari sumber belajar yang relevan.