SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2008

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Target Pemungutan dan Realisasi Penerimaan PBB Sektor Perkotaan pada Dipenda Kota Blitar (Periode 2005-2006)

Intan Sultanniati

Abstrak


ABSTRAK

 

Sultanniati, Intan. 2008. Analisis Target Pemungutan dan Realisasi Penerimaan PBB Sektor Perkotaan pada Dipenda Kota Blitar (Periode 2005-2006). Tugas Akhir, Program Studi Dipoma-III Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Helianti Utami, S.E., M.Si., Ak

 

Kata Kunci: Target, Realisasi, Pajak Bumi dan Bangunan Kota Blitar

 

            Pembangunan yang dilaksanakan tiap daerah dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, dengan meningkatnya pembangunan yang dilakukan akan berdampak pada peningkatan pembiayaan pembangunan. Pada era otonomi daerah sekarang ini, daerah dituntut untuk lebih meningkatkan kemandirian dalam membangun daerahnya dengan dana yang sebagian besar diperoleh dari potensi daerah sehingga pemerintah daerah dapat meningkatkan potensi-potensi yang ada. Salah satu sumber penerimaan daerah yang dapat digunakan untuk membiayai pembangunan adalah dari dana perimbangan yaitu melalui sektor pajak bumi dan bangunan. Pajak bumi dan bangunan merupakan pajak pusat dan ketentuannya diatur oleh pusat. Sejak pelaksanaan otonomi daerah, pembagian hasil pemungutan pajak bumi dan bangunan ini sebagian besar diberikan untuk daerah yang bersangkutan dengan pembagian, 90% (16,2% untuk daerah propinsi, 64,8% untuk daerah kabupaten/kota, dan 9% untuk biaya pemungutan) sedangkan yang 10% dibagi menjadi dua yaitu 65% untuk dibagikan secara merata ke seluruh kota/kabupaten dan 35% untuk daerah kabupaten/kota yang realisasi penerimaan PBB-nya mencapai target yang ditetapkan. Dari pembagian tersebut maka dengan ditingkatkannya pemungutan pajak bumi dan bangunan khususnya di Kota Blitar maka akan meningkatkan dana pembangunan di Kota Blitar.

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan target pemungutan dan realisasi penerimaan PBB Kota Blitar dari tahun 2005-2006. Data penelitian adalah target pemungutan dan realisasi penerimaan PBB sektor perkotaan dari tahun 2005-2006. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Metode pemecahan masalah yang digunakan adalah metode kuantitatif dan metode kualitatif.

             Target pemungutan PBB pada tahun 2006 lebih besar dari tahun 2005. Sedangkan realisasi penerimaan pajak bumi dan bangunan di Kota Blitar rata-rata sudah mencapai 90% namun masih banyak kendala yang pada dasarnya jika dikoordinasi dengan baik maka dapat diatasi. Untuk mengatasi kendala tersebut Dinas Pendapatan daerah Kota Blitar telah melakukan berbagai upaya diantaranya adalah penyuluhan, peningkatan kualitas pegawai pemungut pajak, pemberian sticker berhadiah, dan penerapan sanksi.


Teks Penuh: Doc-Intan PDF-Intan