SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH BEASISWA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Dhola Rosa Indrianti

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Indrianti, Dhola Rosa. 2009. Pengaruh Beasiswa terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Akuntansi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Puji Handayati, S.E, M.M, Ak. (II) Makaryanawati, S.E, M.Si, Ak.

 

 

Kata Kunci : beasiswa, motivasi, prestasi belajar

 

Biaya untuk menempuh kuliah di perguruan tinggi sangat mahal. Tantangan mahalnya biaya pendidikan menyebabkan pendidikan tersebut tidak bisa merata bagi seluruh rakyat. Untuk mengatasi permasalahan mahalnya biaya pendidikan dilakukan melalui program beasiswa. Tujuan pemberian beasiswa menurut pedoman umum pemberian beasiswa Universitas Negeri Malang tahun 2006 adalah (1) meningkatkan pemerataan dan kesempatan belajar bagi mahasiswa yang mengalami kesulitas ekonomi, (2) mendorong dan mempertahankan semangat belajar para mahasiswa agar mereka dapat menyelesaikan pendidikan tepat waktu, dan (3) mendorong meningkatkan prestasi akademik sehingga memacu kualitas pendidikan. Untuk penelitian ini peneliti mencoba mengungkapkan pengaruh pemberian beasiswa terhadap motivasi dan prestasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) mengetahui apakah ada pengaruh pemberian beasiswa terhadap motivasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang; (2) mengetahui apakah ada pengaruh antara Motivasi Belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang; (3) mengetahui apakah ada pengaruh tidak langsung pemberian beasiswa terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang penerima beasiswa tahun 2007 yaitu sebanyak 298 orang mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik proporsional random sampling. Sedangkan besarnya jumlah sampel yang ditentukan berdasarkan rumus pengambilan sampel dari Taro dan Yamanne didapatkan jumlah sampel sebanyak 76 orang mahasiswa.

Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh pemberian beasiswa terhadap motivasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, (3) Terdapat pengaruh secara tidak langsung pemberian beasiswa terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.