SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dengan Kombinasi Strategi Kooperatif Jigsaw Dan Tutorial Sebaya Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X SMKN 1 PITU dengan standar kompetensi M

Johan Efendi

Abstrak


ABSTRAK

 

Efendi, Johan. 2009. Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dengan Kombinasi Strategi Kooperatif Jigsaw Dan Tutorial Sebaya Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X SMKN 1 PITU dengan standar kompetensi Mengelola Buku Besar). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dra. Endang Sri Andayani, S.E, M.Si, Ak, (II) Eka Ananta Sidharta S.E, Ak, M.M.

 

Kata Kunci : kooperatif jigsaw, tutorial sebaya, motivasi belajar, prestasi belajar.

 

Pentingnya peranan pendidikan di dalam suatu negara telah mendorong suatu pemerintahan untuk menetapkan sebuah peraturan masalah pendidikan terutama di Indonesia. Menurut UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Keadaan SDM manusia Indonesia masih belum kompetitif, hal itulah yang menyebabkan Indonesia masih belum bisa bersaing optimal secara global dengan negara-negara lain. Terutama negara yang sudah mulai berkembang dan maju. Disamping itu , pendidikan Indonesia juga masih jauh tertinggal dengan negara-negara lain.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pembelajaran kontekstual dengan kombinasi strategi kooperatif Jigsaw dan Tutorial Sebaya pada mata pelajaran Akuntansi dengan Standar Kompetensi Mengelola Buku Besar yang mampu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMKN I PITU yang aktif mengikuti pelajaran Akuntansi dengan standar kompetensi Mengelola Buku Besar sejumlah  34 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif, yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan untuk masing-masing siklus, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Data-data dalam penelitian ini deperoleh melalui: 1) Observasi, 2) wawancara, 3) 4) catatan lapangan, dan 5) dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: 1) Reduksi data, 2) Paparan data, dan 3) Penyimpulan hasil analisis data.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode kombinasi ini telah berhasil meningkatkan motivasi dan prestasi siswa, meskipun belum mencapai 100%. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan penerapan 2 siklus selama kegiatan penelitian berlangsung. Hal yang paling menonjol pada siklus I adalah siswa masih merasa bingung dengan penerapan pembelajaran seperti ini, akan tetapi antusias siswa sudah mulai tampak ketika kegiatan belajara berlangsung. Setelah penerapan tindakan, maka peneliti mengadakan post test dan hasilnya sangat baik karena  siswa sudah mencapai ketuntasan belajar pada siklus I. siklus II merupakan penyempurnaan dari beberapa hal yang masing masih belum dicapai pada siklus I, seperti masih adanya siswa yang ramai, beberapa siswa yang masih kurang bekerjasama dalam kelompok, waktu yang tersedia kurang maksimal. Pada siklus II ini peneliti telah menyempurnakan kelemahan-kelemahan tersebut dan hasilnya menunjukkan bahwa kondisi kelas sudah sangat kondusif dibandingkan dengan sebelumnya, sehingga secara otomatis motivasi dan prestasi siswa juga meningkat. Pada siklus II ini, prestasi siswa juga sudah mencapai ketuntasan belajar klasikal. Dalam penerapan metode ini seharusnya jumlah siswa disesuaikan dengan materi yang tersedia dalam suatu mata pelajaran sehingga dalam penerpannya, semua siswa akan mendapatkan tanggung jawab sendiri-sendiri untuk menguasai materi yang telah ditentukan dan siswa dapat bekerja dengan sebaik-baiknya.

Saran yang bisa diberikan adalah: 1) Bagi sekolah, diharapkan dapat menerapkan  strategi pembelajaran yang tepat, dan sesuai dengan masing-masing karakteristik mata pelajaran, 2) Bagi guru, supayamenerapkan Strategi Kooperatif Jigsaw dan Tutorial Sebaya, sebagai alternatif model pembelajaran yang tepat. Terutama pada mata pelajaran Akuntansi, 3) Bagi siswa, agar dapat belajar dengan giat, menghargai guru, menghargai teman, serta saling bekerjasama yang baik antar sesama teman, 4) Bagi peneliti berikutnya, dapat melakukan kegiatan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan dan menerapkan pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan Tutorial Sebaya, 5) Bagi Universitas Negeri Malang (UM) terutama progam studi pendidikan  dapat digunakan sebagai referensi dalam pembuatan karya ilmiah mahasiswa selanjutnya.