SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK KEPANJEN MALANG

Febri Tia Rahmawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahmawati, Febri Tia. 2010. Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Kepanjen Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Nurika Restuningdiah, S. E., M. Si., Ak, (II) Drs. H. Sumadi, S., E., M., M.

 

Kata kunci: Faktor Internal, Faktor Eksternal, Prestasi

 

Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan di negara kita, karena pendidikan merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan nasional, sehingga peningkatan mutu pendidikan perlu dilakukan agar tujuan nasional tersebut dapat diwujudkan, salah satunya melalui peningkatan prestasi belajar siswa.

Secara umum prestasi belajar dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam indifidu yang sedang belajar, yang meliputi faktor jasmaniah, dan faktor psikologis. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar indifidu yang sedang belajar, yang meliputi faktor keluarga, faktor sekolah, dan masyarakat. Agar dapat memperoleh prestasi yang baik, maka dalam kegiatan belajarnya siswa harus memperhatikan kedua faktor tersebut karena dapat memberikan pengaruh positif terhadap prestasi yang akan dicapai.

Penellitian ini bertjuan mengetahui faktor internal dan faktor eksternal terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Kepanjen Malang baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Kepanjen yang berjumlah 226 siswa. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 90 siswa yang diperoleh dari populasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanasi (explanation research). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan faktor internal dan faktor eksternal mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X MK Kepanjen Malang baik secara parsial maupun simultan.

Saran yang diberikan yaitu: (1) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menindaklanjuti dengan menambahkan lebih banyak indikator seperti sikap siswa, latar belakang kebudayaan, kurikulum, alat pelajaran, waktu sekolah, standar pelajaran diatas ukuran, dan keadaan gedung, agar diperoleh informasi yang lebih lengkap dan tepat sasaran. (2) Siswa yang tidak berminat pada jurusan akuntansi sebaiknya selalu membangun kebiasaan belajar yang baik terutama pada mata pelajaran akuntansi, dan membangun relasi yang baik, baik relasi antara siswa dengan guru, maupun relasi dengan siswa lain yang mempunyai prestasi yang baik di bidang akuntansi untuk memotivasi belajar di bidang akuntansi. Apabila motivasi belajar di bidang akuntansi telah tumbuh maka diharapkan akan menimbulkan minat untuk mempelajari akuntansi.