SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Informasi Laporan Arus Kas Operasi, Arus Kas Investasi dan Arus Kas Pendanaan terhadap Harga Saham pada Perusahaan Automotive and Allied Products yang Go Public di BEI Periode Tahun 2007-2009

Emmilia Pramita Puspitarani

Abstrak


ABSTRAK

 

Puspitarani, Emmilia Pramita. 2012. Pengaruh Informasi Arus Kas Operasi, Arus Kas Investasi dan Arus Kas Pendanaan terhadap Harga Saham pada Perusahaan Automotive and Allied Products yang Go Public di BEI Periode Tahun 2007—2009. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Hj.Yuli Widi Astuti, S.E., M.Si., Ak., (2) Triadi Agung S, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci: Arus Kas Operasi, Arus Kas Investasi, Arus Kas Pendanaan, Harga Saham.

 

Perkembangan dunia automotif yang sangat pesat menuntut perusahaan-perusahaan automotive and allied products di Indonesia untuk meningkatkan kinerjanya agar tetap bertahan dan semakin berkembang. Salah satu komponen laporan keuangan secara keseluruhan yang menjadi pertimbangan bagi investor dalam mengambil keputusan adalah laporan arus kas yang terdiri dari arus kas operasi, arus kas investasi dan arus kas pendanaan. Harga saham dapat dikatakan sebagai indikator keberhasilan pengelolaan perusahaan. Perubahan harga saham di Bursa Efek Indonesia dipengaruhi banyak faktor, salah satunya yaitu faktor fundamental, yang merupakan gambaran tentang kinerja perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Arus kas merupakan salah satu faktor fundamental yang diduga berpengaruh terhadap harga saham, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh secara parsial antara variabel arus kas operasi, arus kas investasi dan arus kas pendanaan terhadap variabel harga saham pada perusahaan automotive and allied products periode tahun 2007—2009.

Data yang digunakan adalah data sekunder berupa data laporan keuangan perusahaan dan data harga saham. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan automotive and allied products yang go public di BEI periode 2007—2009 sebanyak 57 perusahaan dan diambil sampel sebanyak 45 perusahaan yang dipilih berdasarkan purposive sampling. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik, uji hipotesis t.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel arus kas operasi, arus kas investasi dan arus kas pendanaan berpengaruh terhadap harga saham. Penelitian ini telah menguatkan teori yang telah ada yaitu signalling theory. Nilai perusahaan berhubungan dengan kemampuannya menghasilkan arus kas sehingga jika arus kas operasi, arus kas investasi dan arus kas pendanaan meningkat, nilai perusahaan akan naik, yang selanjutnya juga akan meningkatkan harga saham.

Penelitian yang dilakukan memiliki keterbatasan yaitu, penelitian hanya dilakukan pada perusahaan automotive and allied products. Faktor yang dianggap mempengaruhi harga saham dalam penelitian ini hanya 3 variabel yaitu arus kas operasi, arus kas investasi dan arus kas pendanaan, dan pada kenyataannya masih banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi harga saham dari faktor fundamental lainnya. Bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah periode penelitian dan variabel bebas lainnya dari faktor fundamental seperti laba, dividen, penjualan dan lain sebagainya.