SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG PERUSAHAAN (Studi Pada Saham-Saham Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Harry Pradana

Abstrak


ABSTRAK

Pradana, Harry Anugerah. 2012. Pengaruh Struktur Kepemilikan terhadap Kebijakan Hutang Perusahaan (Studi pada saham-saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia) (1) Makaryanawati, S.E., M.Si., Ak. (2) Dr. Dyah Aju Wardhani, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci: Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Penyebaran Kepemilikan dan Kebijakan Hutang Perusahaan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan penyebaran kepemilikan terhadap kebijakan hutang perusahaan. Penelitian difokuskan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk periode tahun 2007-2010. Pemilihan sampel berdasarkan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pooling data, sehingga diperoleh sebanyak 30 data observasi. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pertama, kepemilikan manajerial berpengaruh negatif terhadap kebijakan hutang (debt ratio) perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin besar komposisi saham kepemilikan manajerial perusahaan akan diikuti oleh kecenderungan penurunan hutang perusahaan. Kedua, kepemilikan institusional berpengaruh negatif terhadap kebijakan hutang perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa keberadaan pihak institusional dapat memonitor kebijakan pihak manajemen, sehingga pihak manajemen akan bekerja untuk kepentingan pemegang saham. Ketiga, penyebaran kepemilikan tidak berpengaruh terhadap kebijakan hutang, dengan arah negatif. Hal ini menunjukkan bahwa pada perusahaan manufaktur mayoritas kepemilikan saham dipegang oleh kepemilikan manajerial, sehingga memiliki pola penyebaran yang kurang merata.