SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI PADA PERUSAHAAN NON KEUANGAN YANG LISTING DI BEI PERIODE 2009-2010

Astria .

Abstrak


ABSTRAK

 

Astria. 2011. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Peringkat Obligasi pada Perusahaan Non Keuangan Yang Listing di BEI Periode 2009-2010. Skripsi. Jurusan Akuntansi,  Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sawitri Dwi Prastiti, S.E, M.Si, Ak, (II) Drs. Cipto Wardoyo, S.E, M.Pd, M.Si, Ak

 

Kata kunci : Rasio Keuangan, Peringkat Obligasi

 

Peringkat obligasi merupakan salah satu yang harus dipertimbangkan oleh investor sebelum melakukan investasi obligasi. Hal ini dikarenakan peringkat obligasi memberikan pernyataan yang informatif dan memberikan signal mengenai probabilitas kegagalan hutang suatu perusahaan. Dalam proses penilaian peringkat obligasi, agen pemeringkat menilai perusahaan dari berbagai aspek, salah satunya adalah data keuangan perusahaan. Analisis laporan keuangan yang berupa analisis rasio keuangan dan perhitungan statistik dapat digunakan untuk mendeteksi under or overvalued suatu sekuritas.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh rasio likuiditas, rasio leverage, rasio profitabilitas, dan rasio kelipatan pembayaran bunga terhadap peringkat obligasi.

Sampel  penelitian ini adalah perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan terdaftar dalam peringkat obligasi yang dikeluarkan oleh PT. PEFINDO periode tahun 2009 hingga tahun 2010. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling  dan diperoleh 21 perusahaan non keuangan.

Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis Regresi Logistik. Data yang digunakan adalah  kuantitatif dan merupakan data sekunder yang diperoleh dari  laporan keuangan dan data peringkat obligasi perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) serta dinilai oleh agen pemeringkat PEFINDO pada tahun 2009-2010.

Hasil penelitian menunjukkan Current Ratio (CR), Return On Assets (ROA) dan Time Interest Earned (TIE) berpengaruh positif terhadap peringkat obligasi, sedangkan  Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh negatif terhadap peringkat obligasi. Untuk variabel yang paling dominan pengaruhnya adalah rasio profitabilitas yang diproksi dengan Return On Assets (ROA) dengan nilai wald sebesar 4.047. Urutan kedua ditempati Current Ratio (CR) dengan nilai wald sebesar 3.874, selanjutnya Time Interest Earned (TIE) dengan nilai wald sebesar 2.500 dan yang terakhir Debt to Equity Ratio (DER) dengan nilai wald sebesar 1.496

Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah (1) untuk penelitian selanjutnya sebaiknya menambahkan rasio keuangan lain dan mengkalisifikasikan sampel sesuai dengan jenis industri.(2) Bagi kreditur sebaiknya melihat informasi tingkat keamanan obligasi yang tercermin dari laporan keuangan perusahaan (3) Bagi investor sebaiknya memperhatikan kualitas kredit yang diproksikan dalam peringkat obligasi (bon rating).