SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Disiplin Belajar siswa Dengan Prestasi Siswa Kelas Akselerasi Dan Reguler Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMA Negeri 1 Blitar (tahun ajaran 2011/2012)

Freddy Agasy

Abstrak


ABSTRAK

 

Agasy, Freddy. 2012. Hubungan Disiplin Belajar Siswa Dengan Prestasi Siswa Kelas Akselerasi Dan Reguler Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMA Negeri 1 Blitar (Tahun Ajaran  2011/2012). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing I: Dr. Hj. Siti Thoyibatun, M.Pd., M.M, Pembimbing II: Dr. Dyah Aju Wardhani, M.Si., Ak.

 

Kata kunci: Disiplin Belajar, Kelas Akselerasi, Kelas Reguler, Prestasi Belajar

 

Prestasi belajar seorang siswa merupakan hasil belajar yang telah dicapai siswa setelah menerima ilmu pengetahuan dari kegiatan belajar mengajar di kelas dalam jangka waktu tertentu.  Kedisiplinan tidak hanya bisa mempengaruhi kepribadian seorang siswa, namun bisa juga mempengaruhi disiplin belajar siswa yang berimbas pada prestasi siswa itu sendiri. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada hubungan antara disiplin belajar siswa kelas akselerasi terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Blitar?, (2) Apakah ada hubungan antara disiplin belajar siswa kelas reguler terhadap prestasi siswa mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Blitar?, dan (3) Apakah ada perbedaan hubungan antara disiplin belajar siswa terhadap prestasi siswa mata pelajaran ekonomi antara kelas akselerasi dan reguler?

Populasi dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa akselerasi dan 310 siswa reguler. Pengambilan sampel yang berjumlah 100% untuk siswa akselerasi dan 30% untuk siswa reguler dilakukan denagn random sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari disiplin belajar siswa akselerasi dan disiplin belajar siswa reguler sebagai variabel bebas dan prestasi belajar siswa akselerasi dan prestasi belajar siswa reguler sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi sederhana Spearman untuk data siswa akselerasi karena datanya nonparametrik dan korelasi sederhana Pearson untuk data siswa reguler menggunakan bantuan SPSS 16 for Windows.

Berdasarkan hasil dari korelasi sederhana diperoleh hasil bahwa tidak ada hubungan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa akselerasi. Hal ini dapat dilihat dari hasilnya sebesar 0,206 atau 20,6% > 0,05 atau 5%, artinya tidak ada hubungan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa akselerasi. Sedangkan hasil dari siswa reguler sebesar 0,025 atau 2,5% < 0,05 atau 5%, artinya terdapat hubungan antara yang signifikan disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa reguler.

Mengacu dari hasil penelitian, maka diajukan saran untuk peneliti berikutya yaitu, Sebelum melakukan penelitian diharapkan peneliti berikutnya sudah mengetahui tentang jadwal kegiatan siswa dari guru selama di sekolah sehingga tidak banyak mengulur waktu dalam pengerjaan penelitian dan diharapkan peneliti berikutnya lebih ketat mengawasi siswa pada saat pengisian angket yang bertujuan memperoleh hasil penelitian sebaik mungkin.