SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, JENIS USAHA DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP PERATAAN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DAN JASA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2009-2010

ZAENAL FAUZI

Abstrak


ABSTRAK

 

Fauzi, Zaenal. 2012. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, profitabilitas, Jenis Usaha dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Perataan Laba (income smoothing) Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2010”. Skripsi, Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nurika Restuningdyah, S.E., M.Si., Ak., (II) Makaryanawati. S.E., M.Si., Ak.

 

Kata kunci: ukuran perusahaan, profitabilitas, jenis usaha, pertumbuhan perusahaan, perataan laba.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, jenis usaha dan pertumbuhan perusahaan terhadap perataan laba pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2010. Objek dari perataan laba pada penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan.

Penelitian ini menggunakan 55 sampel perusahaan, terdiri dari 31 perusahaan manufaktur dan 24 perusahaan jasa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan periode waktu 2009-2010. Pengujian hipotesis dengan menggunakan regresi berganda untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, jenis usaha dan pertumbuhan perusahaan terhadap praktik perataan laba.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh terhadap praktik perataan laba. Semakin tinggi ukuran perusahaan, maka semakin tinggi pula tingkat perataan labanya dan semakin tinggi profitabilitas maka perataan laba semakin menurun. Sedangkan jenis usaha dan pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap praktik perataan laba. Jadi jenis usaha dan pertumbuhan perusahaan tidak bisa dikaitkan dengan praktik perataan laba.

Saran untuk penelitian selanjutnya bisa memasukkan variabel lain yang berpengaruh terhadap perataan laba dan menambah sampel penelitian.