SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis PowerPoint pada Pokok Bahasan Proses Entry Jurnal untuk Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi di SMKN 1 Boyolangu

Tri Yuliana

Abstrak


ABSTRAK

 

Yuliana, Tri. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis PowerPoint pada Pokok Bahasan Proses Entry Jurnal untuk SiswaKelas X Jurusan Akuntansi di SMKN 1 Boyolangu. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (1) Sriyani Mentari, S. Pd., M.M (2) Dr.H. Eka Ananta Sidharta, S.E., M.M., Ak

 

Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi, PowerPoint, Proses Entry Jurnal.

 

Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMK Negeri 1 Boyolangu, khususnya pada mata pelajaran akuntansi terdapat beberapa masalah yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Masalah tersebut diantaranya, pembelajaran akuntansi yang masih menggunakan metode ceramah atau bersifat satu arah, dalam hal ini guru lebih dominan dan siswa mendengarkan. Selain itu penggunaan media juga sangat kurang, hal ini mengakibatkan minat belajar siswa juga mengalami penurunan yang pada akhirnya akan mempengaruhi kualitas belajar. Melihat permasalahan yangada, maka pengembangan media sebagai media pembelajaran dalam proses belajar mengajar sangat diperlukan. Media pembelajaran yang dikembangkan mencakup beberapa komponenya itu teks, gambar, suara, dan video dengan materi proses entry jurnal. Program media pembelajaran ini dirancang dengan bantuan program PowerPoint dan digabung dengan software Wondersare Quiz Creator dan Windows Movie Maker.

Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan. Peneliti menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah disesuaikan.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket tertutup, dan untuk mengukur efektifitas penggunaan media pembelajaran menggunakan selisih antara nilai pretestdan nilai posttest (gainscore). Data kuantitatif dari angket dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif persentase untuk menentukan kelayakan media pembelajaran dan data selisih antara nilai pretest dan nilai posttest (gainscore) dianalisis dengan menggunakan uji statistik t-test Independent Sample untuk menentukan pengaruh dari penggunaan media pembelajaran berbasis PowerPoint terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Data yang diperoleh dari hasil validasi keseluruhan sebesar  88,89%, ini berarti media pembelajaran tersebut layak digunakan. Sedangkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik t-test Independent Sample diperoleh probabilitas 0,005 < 0,05 artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis PowerPoint dengan kelas yang diajar tanpa menggunakan media. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa media pembelajaran berbasis PowerPoint ini layak digunakan dan efektif sebagai media pembelajaran akuntansi.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru khususnya,untuk memanfaatkan media pembelajaran dalam proses pembelajaran sarana dan prasarana di kelas hendaknya memadai untuk menunjang pemanfaatan secara  optimal.