SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Minat Membaca dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Menerapkan Konsep Dasar Akuntasni di SMK Negeri Pasirian

Mukhaimin Risa Safarisma

Abstrak


ABSTRAK

 

Safarisma, Mukhaimin Risa. 2012. Pengaruh Minat Membaca dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Menerapkan Konsep Dasar Akuntasni di SMK Negeri Pasirian. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Sumadi, S.E., M.M, (II) Sulastri, S.Pd., M.SA.

 

Kata Kunci: minat membaca, kebiasaan belajar, prestasi belajar

 

Minat membaca generasi muda sekarang ini semakin menurun. Padahal dengan minat membaca yang baik siswa akan berhasil dalam prestasi belajar. Selain siswa harus mempunyai minat membaca yang baik, siswa juga harus mempunyai kebiasaan belajar yang baik pula. Kebanyakan siswa sekarang ini memiliki kebiasaan belajar yang kurang baik. Padahal efektivitas belajar tergantung pada kebiasaan belajar yang baik dan juga minat membaca siswa. Apabila minat membaca dan kebiasaan belajar siswa baik maka prestasi belajar siswa juga akan baik.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung antara minat membaca dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif dengan menggunakan analisis regresi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah random sampling, populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri Pasirian dengan jumlah siswa 117, sehingga sampel yang digunakan adalah 91 orang. Data diperoleh dengan menyebarkan angket dan dokumentasi nilai rapor semester ganjil. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah minat membaca (X1) dan kebiasaan belajar (X2) dan variabel terikatnya yaitu prestasi belajar siswa pada mata pelajaran menerapkan konsep dasar akuntansi (Y).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh antara minat membaca terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran menerapkan konsep dasar akuntansi, (2) terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa, (3) secara simultan variabel minat membaca dan kebiasaan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas X Akuntansi.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan agar 1) orang tua dan guru sebaiknya terus memberikan dorongan kepada siswa untuk terus meningkatkan minat membaca dan memperhatikan kebiasaan belajar, 2) guru harus menanamkan minat membaca dan kebiasaan belajar yang baik dalam proses belajar mengajar, 3) siswa harus benar-benar meningkatkan minat membacanya dan memperhatikan kebiasaan belajarnya agar tercapai kesuksesan dalam belajar.