SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Mata Pelajaran Komputer Akuntansi (Mengoperasikan Paket Program Pengolah Angka/Spreadsheet Menggunakan Microsoft Excel 2007) Berbasis Pembelajaran Kontekstual untuk Kelas XI Jurusan Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan PGRI 2 Malang

Nevy Olivia

Abstrak


ABSTRAK

 

Olivia, Nevy. 2012. Pengembangan Modul Mata Pelajaran Komputer Akuntansi (Mengoperasikan Paket Program Pengolah Angka/Spreadsheet Menggunakan Microsoft Excel 2007) Berbasis Pembelajaran Kontekstual untuk Kelas XI Jurusan Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan PGRI 2 Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Tri Laksiani, S.E., M.M. (II) Dr. Tuhardjo, S.E., M,Si., Ak.

 

Kata Kunci: Modul, Komputer Akuntansi, Kontekstual

 

Bahan ajar merupakan bagian yang penting dalam suatu kegiatan pembelajaran.  Berdasarkan hasil observasi di SMK PGRI 2 Malang, pembelajaran komputer akuntansi di sekolah ini masih belum menggunakan bahan ajar berupa modul dan hanya menggunakan handout yang diberikan guru pada tiap pertemuan. Penelitian pengembangan ini mengembangkan bahan ajar yang semula hanya berupa handout menjadi modul agar mempermudah  pembelajaran di kelas. Modul yang dikembangkan adalah modul pelajaran komputer akuntansi (mengoperasikan paket progam pengolah angka/spreadsheet menggunakan Microsoft Excel 2007) berbasis pembelajaran kontekstual untuk kelas XI jurusan akuntansi dimana materi yang diajarkan dikaitkan dengan keadaan dunia nyata karena mata pelajaran komputer akuntansi merupakan salah satu mata pelajaran produktif yang penting dan harus dikuasai siswa terutama siswa SMK yang dipersiapkan untuk langsung terjun ke dunia kerja. Karena itu siswa dituntut untuk mampu mengaplikasikan semua yang telah dipelajari secara manual selama ini ke dalam sistem komputerisasi. Meskipun saat ini terdapat standar akuntansi internasional baru yang dikenal dengan nama International Financial Reporting Standards (IFRS) namun dalam pembuatan modul ini masih belum mengacu pada standar tersebut karena untuk saat ini IFRS masih belum disosialisasikan untuk pengajaran tingkat SMK/SMA.

Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa modul untuk mata pelajaran komputer akuntansi. Dengan adanya modul ini diharapkan penyampaian materi menjadi lebih mudah, dan siswa dapat belajar dengan lebih baik. Modul dikembangkan dengan kerangka modul yang terdiri dari cover/halaman muka, kata pengantar, daftar isi, pendahuluan (mencakup deskripsi umum, prasyarat, petunjuk penggunaan, dan tujuan akhir modul), glosarium, kompetensi dasar dan indikator yang harus dicapai siswa, ilustrasi, uraian materi, kolom “Tahukah Kamu?”, rangkuman materi, praktikum, tes (mencakup tes individu dan tes kelompok), kunci jawaban, umpan balik dan daftar rujukan.

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Kedua jenis data diperoleh dari penilaian para ahli baik ahli materi, ahli desain maupun pada saat uji coba lapangan terbatas (pengguna). Data kuantitatif yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis prosentase dan memperoleh hasil 82,8% untuk penilaian ahli materi, 88,4% untuk penilaian ahli desain dan 89,5% untuk uji coba lapangan terbatas (pengguna), sehingga secara keseluruhan diperoleh skor 86,9% dan dapat disimpulkan bahwa modul komputer akuntansi berbasis pembelajaran kontekstual ini memiliki kriteria valid/layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar di SMK.

Penelitian pengembangan ini diharapkan tidak hanya berhenti sampai tahap pengembangan, tetapi dilanjutkan dengan penelitian mengenai efektifitas penggunaan modul komputer akuntansi berbasis pembelajaran kontekstual untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada kelas yang mengunakan modul dan kelas yang tidak menggunakan modul.